BMW Diduga Setop Jualan Mobil Listrik i3 di RI



Jakarta, Indonesia —

BMW Indonesia diduga telah menghentikan penjualan mobil listrik i3. Hal ini diperkuat setelah i3 tidak lagi terdaftar di situs perusahaan sebagai model yang dijual di Tanah Air.

Selain itu data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menunjukkan bila distribusi i3 ke jaringan penjualan resmi BMW selama 2021 terpantau hanya dua unit.

Direktur Komunikasi BMW Indonesia Jodie O’tania yang dihubungi hingga kini belum bisa memberikan tanggapan.

Perjalanan BMW i3 di Indonesia terbilang singkat atau tidak sampai dua tahun sejak resmi dijual pada 2019.

Mobil listrik kategori segmen B ini diketahui melanjutkan tawaran produk canggih ramah lingkungan BMW di Indonesia yang sudah didahului mobil hibrida i8. Namun i8 juga telah pensiun dari daftar kendaraan BMW.

Hatchback 5-pintu i3 merupakan mobil listrik produksi massal pertama BMW yang sudah diluncurkan sejak 2013. Pada 2018 lalu BMW menambah varian i3s yang punya suspensi lebih rendah, akselerasi lebih kencang, dan mode sport.

Kendati begitu, meski benar tidak lagi meniagakan i3, BMW dikabarkan telah mempersiapkan model listrik lain untuk pasar Indonesia pada 2022.

BMW sempat menyatakan akan merilis dua mobil listrik murni dan satu varian MINI. Ketiga mobil tersebut yaitu MINI Electric, BMW i4, dan BMW iX paling cepat akan diluncurkan pada kuartal pertama 2022.

Penghentian penjualan BMW i3 EV telah dilakukan di sejumlah negara mulai Amerika Serikat, dan negara-negara di Eropa menyusul generasi penerus i3 yang diumumkan pada pertengahan 2021.

(ryh/mik)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *