46 Rumah Warga Makassar Rusak Diterpa Angin Puting Beliung



Makassar, Indonesia —

Sebanyak 46 unit rumah milik warga Jalan Sabutung Lama, Makassar, Sulawesi Selatan, porak-poranda usai diterjang anginĀ puting beliung yang disertai hujan deras. Seluruh bangunan rumah warga yang rusak adalah semi permanen.

Berdasarkan data yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, terdapat 46 unit rumah yang rusak dengan rincian 9 unit rusak parah dan 37 unit rusak ringan.

Kepala BPBD Makassar, Ahmad Hendra Hakamuddin mengatakan, peristiwa angin puting beliung disertai hujan deras yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada rumah-rumah warga yang berada di Jalan Sabutung Lama, sekitar pukul 13.30 WITA.

“Ada sembilan rumah warga yang rusak parah dan 37 rumah lainnya rusak ringan, total ada 46 yang rusak setelah diterjang angin puting beliung tadi. Seluruh jenis bangunan warga adalah semi permanen,” kata Kepala BPBD Makassar, Kamis (23/12).

Sementara, beber Hendra jumlah korban akibat terdampak angin puting beliung tersebut terdapat 75 Kepala Keluarga (KK) dengan total 299 jiwa.

“Warga yang terdampak ada 75 KK, saat ini mereka membutuhkan selimut, terpal dan sarung,” sebutnya.

Hingga saat ini, Tim BPBD Makassar masih berupaya untuk membantu dan mengevakuasi warga yang terdampak angin puting beliung di Jalan Sabutung Lama.

Terpisah, Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar telah mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Sulawesi Selatan.

“Terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat dan petir serta angin kencang di seluruh wilayah Sulsel yang terjadi pada pukul 14.45 hingga pukul 17.00 WITA,” kata Prakirawan BMKG Makassar, Rizky Yudha.

Sehingga dengan kondisi cuaca tersebut, kata Rizky masyarakat Sulsel diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati saat melakukan aktifitas dengan kondisi cuaca saat ini.

(mir/gil)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *