Seberapa Sering Harus Cuci Bra?



Jakarta, Indonesia —

Sama seperti pakaian lainnya, bra perlu rutin dicuci agar kebersihannya terjaga. Namun, seberapa sering bra harus dicuci?

Masih ada yang tak benar-benar yakin seberapa sering bra mestinya dibersihkan atau dicuci. Sebagian orang mengatakan bra sebaiknya dicuci setelah 2 atau 3 kali dipakai. Namun beberapa lainnya bahkan ada yang menunggu selama 2-3 bulan.

Banyak alasan yang muncul ketika seorang wanita enggan mencuci bra, salah satunya kenyamanan saat digunakan hingga bra belum terlihat kotor sehingga merasa tidak perlu dicuci terlalu sering

Padahal, menurut True and Co, bahkan saat tubuh tidak mengeluarkan banyak keringat dan bra yang dikenakan tak terlihat kotor, tubuh tetap memproduksi dan mentransfer minyak alami ke kain saat digunakan.

Semakin banyak minyak yang terserap di kain bra, semakin banyak bakteri yang dapat mengiritasi kulit. Bakteri ini bisa berakibat buruk pada kulit Anda, misalnya ruam, infeksi, hingga berjerawat.

“Aturannya adalah bra harus dicuci setiap habis dipakai, karena langsung bersentuhan dengan tubuh,” kata pakar laundry Mary Marlowe Leverette, seperti dikutip Insider.

Mencuci dengan tangan

Tak sembarang, mencuci bra membutuhkan kehati-hatian yang tinggi. Tak seperti kebanyakan pakaian, Anda tak bisa begitu saja memasukkan bra ke dalam mesin cuci.

Cara terbaik untuk membersihkan bra adalah mencucinya dengan tangan. Memasukkan bra ke dalam mesin cuci dan pengering sangat tak disarankan.

Mesin pengering bisa merusak bra Anda. Panas dapat merusak elastisitas bra dan membuatnya melar. Dalam kondisi ini, artinya Anda harus lebih sering mengganti bra.

Meskipun mencuci dengan tangan terdengar melelahkan, tapi kata pakar pakaian dalam Laura Henny yang juga pemilik The Rack Shack di Brooklyn, Anda sebenarnya tak perlu merasa terlalu repot karena harus mencuci bra tanpa mesin.

Cukup isi ember dengan air dingin dan deterjen lembut lalu masukkan bra dalam rendaman air sabun. Setelah agak lama, bilas dan jemur hingga kering.

(tst/agn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *