5 Tips Berkebun yang Minimalis untuk Pemula



Jakarta, Indonesia —

Percantik rumah Anda dengan kebun yang minimalis. Kebun di halaman depan atau belakang rumah juga bisa membuat rumah lebih segar dan menenangkan penghuninya.

Tak perlu khawatir bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar yang relatif tak memiliki lahan untuk berkebun di rumah. Kebun yang minimalis bisa dibuat dengan lahan yang terbatas di rumah.

Berikut tips berkebun yang minimalis untuk pemula.

1. Manfaatkan dinding atau pagar

Manfaatkan area-area di rumah Anda. Anda bisa meletakkan tanaman di dalam ruangan yang dekat dengan sumber cahaya, misal dekat jendela.

Anda juga bisa menempatkan pot di dinding, pagar atau menggunakan pot gantung yang diisi berbagai tanaman.

2. Tambahkan tanaman berbunga

Pilih tanaman dengan warna-warna cerah. Warna-warna ini bisa membuat kebun lebih hidup dan memberi variasi di kebun minimalis Anda.

Jika Anda tidak terlalu menyukai bunga dan ingin menanam sesuatu yang bisa digunakan di dapur, Anda bisa menanam kucai, daun bawang, dan tomat.

3. Kontrol hama dan gulma

Menanam sesuatu berarti Anda juga harus bersiap melawan berbagai macam hama dan gulma. Jika gulma dibiarkan, ini bisa merusak kebun yang telah Anda bangun meskipun hanya di lahan atau di atas pot-pot kecil. Periksa setiap pagi apakah ada tanda-tanda kerusakan oleh hama dan gulma.

4. Mengelompokkan tanaman

Anda bisa mengelompokkan tanaman sesuai warna bunga atau jenis sayuran. Buatlah tema yang menarik agar kebun kecil di rumah lebih rapi dan menarik.

5. Air

Air adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi saat berkebun. Anda harus rajin menyirami tanaman sesuai dengan kebutuhan. Buat juga sistem irigasi yang tepat agar tak terjadi genangan yang bisa membuat akar membusuk.

Itulah tips berkebun yang minimalis untuk pemula.

(tst/ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *