Hari Kesehatan Nasional, Momentum Evaluasi Penanganan Pandemi



Jakarta, Indonesia —

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengajak masyarakat untuk mensyukuri keberhasilan Indonesia dalam menekan laju kasus Covid-19. Hal itu dikatakannya saat memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), Jumat (12/11).

“Kita jadikan momentum Hari Kesehatan Nasional ke-57 ini sebagai penyemangat khususnya pegiat sektor kesehatan untuk terus mengabdi dan berkarya bagi indonesia, agar kita terus bangkit dari keterpurukan,” tuturnya.

Reisa juga mengajak masyarakat kembali mengingat, melakukan refleksi, mengevaluasi apa yang terjadi dan apa yang dicapai terkait penanganan pandemi.

Ia menekankan, pandemi memberikan hikmah agar manusia dapat membangun resiliensi atau ketahanan kesehatan lebih tangguh dari sebelumnya.

Dia memberikan contoh, salah satu kisah inspiratif dari Kota Blitar, kota pertama yang meraih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Di kota tersebut diujicobakan adaptasi kebiasaan baru dengan pembukaan bertahap kegiatan masyarakat sejak Oktober kemarin.

Menurutnya, selain solidaritas masyarakat yang saling membantu dan menaati prokes serta peraturan PPKM Darurat, Blitar kini menggencarkan vaksinasi door to door, menjemput bola bagi masyarakat yang masih belum mendapatkan akses vaksin Covid-19.

“Pemerintah juga saat ini sedang gencar menumbuhkan kesadaran untuk menangani wabah Covid-19 dari titik sekecil apapun,” ujarnya.

Dalam upaya menekan potensi munculnya gelombang ketiga, Reisa juga meminta masyarakat segera vaksin lengkap serta tetap disiplin protokol kesehatan, seperti pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan jauhi kerumunan, selektif dalam bermobilitas.

Sekadar informasi, saat ini telah lebih dari 215 juta dosis disuntikkan ke masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan warga yang belum vaksin untuk segera melakukan vaksinasi.

“Gunakan vaksin yang tersedia terlebih dulu saat ini. Pemerintah menjamin semua vaksin yang diberikan kepada masyarakat adalah vaksin yang aman, bermutu, dan berkhasiat,” tegasnya.

(rea)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *