Lacak Radioaktif, Gegana Diterjunkan ke TKP Kebakaran RSUP Kariadi



Semarang, Indonesia —

Tim Kimia, Biologi, dan Radioaktif (KBR) Gegana Polda Jawa Tengah diterjunkan ke lokasi kebakaran Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Kariadi Semarang.

Tim dengan jumlah personil 5 orang ini diterjunkan untuk memastikan ada tidaknya kebocoran radioaktif di ruang Magnetic Resonance Imaging (MRI).

“Bapak Kapolda Jawa Tengah meminta Brimob untuk menerjunkan Tim KBR Gegana untuk masuk ke TKP kebakaran. Tujuannya untuk memastikan ada tidaknya kebocoran radioaktif di ruang MRI yang terbakar”, ungkap Kapolrestabes Semarang Kombes Polisi Irwan Anwar di lokasi, Kamis (30/12) malam.

Menurutnya, peralatan di dalam ruang MRI mengeluarkan zat radioaktif saat digunakan. Kerusakan alat bisa berpotensi memunculkan kebocoran radioaktif.

“Seperti diketahui banyak peralatan radioaktif di dalam ruang MRI. Kalau ada kerusakan alat atau kesalahan pasti ada potensi terjadinya kebocoran radioaktif. Ini yang kita ingin pastikan,” terang Irwan.

Pihaknya pun tetap bertahan dan bersiaga di lokasi TKP untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya api kembali.

“Saat ini saya masih bertahan di sini, demikian juga personil untuk terus bersiaga karena tadi api sempat muncul kembali”, tambah Irwan.

Kebakaran ruang MRI Gedung Kasuari RSUP Kariadi terjadi pada Kamis (30/12) pukul 18.45 WIB. Kebakaran berhasil dikendalikan selang satu jam kemudian setelah diterjunkan 16 unit mobil pemadam kebakaran dan 4 unit mobil water canon milik Polisi.

(dmr/arh)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *