Cara Cuci Mobil yang Benar agar Cat Tidak Kusam


Jakarta, Indonesia —

Tahapan mencuci mobil sendiri di rumah yang kurang tepat akan membuat cat kendaraan tergores dan tampak kusam.

Penting untuk mengetahui cara cuci mobil yang benar agar terlihat terus mengilap. Cara melakukannya mudah, namun tahap demi tahapnya mesti dilakukan dengan benar.

Cara perawatan mobil yang salah, alih-alih membuatnya bersih, justru akan membuatnya kerak atau jamur dan dipenuhi waterspot.

Cara Cuci Mobil yang Benar

Terdapat sejumlah keuntungan saat mencuci mobil sendiri di rumah. Salah satunya Anda akan lebih puas dan detail saat membersihkannya.

Namun, alat pembersih, jenis sabun, cara menyemprot, hingga tempat mencuci mobil tidak boleh sembarangan.

Berikut ini cara cuci mobil yang benar yang disarikan dari berbagai sumber.




Limbah hasil pencucian mobil akhir akhir ini menjadi isu yang cukup di sorot akibat wacana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ingin mengatur tempat usaha cuci mobil di Jakarta.Ilustrasi. Penting untuk mengetahui cara cuci mobil yang benar agar bodi terus mengilap. ( Indonesia/Mohammad Ilham)

1. Siapkan peralatan

Siapkan peralatan pencucian mobil, yakni selang air, sabun khusus mobil, sarung tangan pembersih atau spons, sikat kecil untuk menyikat ban, lap pengering berbahan microfiber, satu ember untuk sabun, dan satu ember lainnya berisi air bersih yang di dasarnya diberi grit guard untuk menyaring kotoran.

Grit guard akan memerangkap berbagai partikel dari sarung tangan pembersih yang berpotensi menggores cat mobil.

2. Lokasi mencuci mobil

Disarankan tidak mencuci mobil di bawah sinar matahari secara langsung. Sabun mobil akan lebih cepat mengering sebelum dibilas. Hal itu akan memunculkan bercak noda atau waterspot di permukaan mobil sehingga membuat warnanya rusak.

Jika bercak sudah muncul, Anda kemungkinan akan mengeluarkan lebih banyak biaya untuk menggunakan jasa poles mobil agar noda itu hilang.

Usahakan mencuci mobil di pagi atau sore hari. Jangan mencucinya di dekat jalan yang berdebu atau di bawah pohon yang memungkinkan kuncup, serangga, dan daun berjatuhan hingga menempel di mobil.

Simak cara mencuci mobil yang benar lainnya di halaman berikutnya..


Cara Cuci Mobil yang Benar agar Cat Tidak Kusam


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *