DPR Tetapkan Rincian Jumlah Anggota di 13 Komisi Periode 2024-2029




Jakarta, Indonesia

DPR secara resmi menetapkan susunan anggota di 13 komisi sekaligus alat kelengkapan dewan (AKD) masa bakti 2024-2029.

AKD yang telah ditetapkan terdiri atas Badan Musyawarah (Bamus), Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN), Badan Legislasi (Baleg), Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP), Panitia Khusus (Pansus), Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), dan Badan Aspirasi Masyarakat.

Penetapan dilakukan dalam rapat paripurna masa persidangan I tahun sidang 2024-2025 yang digelar di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Selasa (15/10).  Rincian jumlah susunan anggota DPR di tiap AKD itu juga ditampilkan oleh pihak Setjen DPR di layar besar dalam rapat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum disahkan, pemimpin rapat paripurna sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani merinci jumlah anggota di setiap AKD.

Diketahui, tiap-tiap Komisi di DPR berisikan sekitar 44 sampai 45 anggota. Selain itu, Badan Legislasi (Baleg) DPR RI diisi oleh 90 anggota, sementara Bamus diisi oleh 58 anggota.

Tak hanya itu, MKD diisi 17 anggota, BURT DPR diisi oleh 25 anggota, Banggar diisi oleh 105 anggota, dan Pansus diisi 30 Anggota.

Lalu, BAKN diisi 19 anggota, BKSAP diisi 45 Anggota, dan Badan Aspirasi Masyarakat diisi 19 anggota.

Usai daftar-daftar tiap anggota di masing-masing AKD ditampilkan dan dibacakan, Puan lantas meminta persetujuan anggota dewan yang hadir.

“Dengan itu kami meminta persetujuan sidang paripurna terhadap penetapan jumlah dan komposisi keanggotaan fraksi-fraksi pada Bamus, Komisi, Baleg, Banggar, BAKN, BKSAP, MKD, BURT, Pansus, dan Badan Aspirasi Masyarakat apakah dapat disetujui?” tanya Puan.

“Setuju,” jawab anggota DPR serempak.

DPR periode 2024-2029 telah menambah jumlah komisi yang semula hanya 11 menjadi 13. Penambahan jumlah komisi itu disebut-sebut untuk menyesuaikan dengan jumlah kementerian di dalam kabinet pemerintahan selanjutnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di periode 2024-2029.

(mab/kid)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *