Tiga Alumni SMA Taruna Nusantara Jadi Calon Menteri Prabowo


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Setidaknya ada tiga orang alumni SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah menjadi kandidat calon menteri di pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto sejauh ini.

Tiga jebolan SMA yang berada di bawah naungan Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan) – Kementerian Pertahanan itu pun sudah menghadap Prabowo di rumah pribadinya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10).

Tiga orang alumni SMA Taruna Nusantara itu adalah Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), serta dua kader Gerindra yakni Sugiono dan Prasetyo Hadi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut profil tiga kandidat itu:

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY adalah salah satu dari siswa angkatan kelima SMA Taruna Nusantara. Putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu lulus tahun 1997 dengan status lulusan terbaik.

AHY sempat melanjutkan karier militer di TNI. Namun, ia mundur dari angkatan bersenjata pada 2016 untuk mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta. Pangkat terakhir AHY di militer adalah Mayor.

Setelah itu, AHY terjun ke dunia politik. Ia sempat memimpin tim pemenangan Partai Demokrat di Pemilu Serentak 2019. Lalu ia menjadi ketua umum Partai Demokrat menggantikan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pada 21 Februari 2024, Presiden Jokowi mengangkat AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).




Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang diperkirakan bakal mengisi kabinet Prabowo-Gibran tiba di Kertanegara, Senin (14/10/2024). ( Indonesia/ Adi Ibrahim)Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang diperkirakan bakal mengisi kabinet Prabowo-Gibran tiba di Kertanegara, Senin (14/10/2024). ( Indonesia/ Adi Ibrahim)

Sugiono

Rekan seangkatan AHY di SMA Taruna Nusantara, Sugiono, juga menjadi calon menteri Prabowo. Sugiono juga menjabat Ketua Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN).

Jebolan Norwich Military Academy, Amerika Serikat ini dikenal sebagai anak ideologis Prabowo. Dia menjabat sejumlah posisi penting di Gerindra, seperti Wakil Ketua Umum dan Harian DPP Gerindra periode 2020-2025 dan Ketua Fraksi Gerindra di MPR pada 2021-2024.

Usai dipanggil ke Kertanegara, Sugiono tak membeberkan posisi menteri yang ditawarkan Prabowo. Namun, ia beberapa kali dikabarkan akan menjadi menteri luar negeri di pemerintahan Prabowo.




Sugiono yang diperkirakan bakal mengisi kabinet Prabowo-Gibran tiba di Kertanegara, Senin (14/10/2024). ( Indonesia/ Adi Ibrahim)Ketua Gerindra Sugiono saat tiba di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Senin (14/10/2024). ( Indonesia/ Adi Ibrahim)

Prasetyo Hadi

Nama lulusan SMA Taruna Nusantara lainnya yang menjadi calon menteri Prabowo adalah Prasetyo Hadi. Prasetyo merupakan lulusan angkatan keenam sekolah tersebut. Dia juga menjabat Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN).

Seperti Sugiono, Prasetyo juga berstatus kader Gerindra. Dia menjadi anggota DPR Fraksi Gerindra sejak 2020. Saat itu, ia menggantikan Harry Poernomo yang mengundurkan diri.

Pada Pemilu Serentak 2024, Harry Poernomo kembali terpilih sebagai anggota DPR. Ia menang di daerah pemilihan Jawa Tengah VI yang meliputi Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, serta Kota Magelang.




Prasetyo hadi yang diperkirakan bakal mengisi kabinet Prabowo-Gibran tiba di Kertanegara, Senin (14/10/2024).Prasetyo Hadi melambai ke arah awak media di depan rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Senin (14/10/2024). ( Indonesia/Adi Ibrahim)

SMA Taruna Nusantara menjadi sorotan karena pernyataan adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo. Dia menyebut ada empat orang lulusan SMA Taruna Nusantara yang akan menjadi menteri di kabinet Prabowo.

“Saya bisa katakan di kabinet Prabowo sekarang ini ada beberapa alumni SMA Taruna Nusantara yang jadi menteri. Saya sudah hitung dua, tiga, empat lulusan SMA Taruna Nusantara bakal jadi menteri di kabinet yang baru dibentuk,” ungkap Hashim pada Dialog Nasional Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 beberapa waktu lalu.

(dhf/kid)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *