80,8 Persen Warga Puas dengan 10 Tahun Jokowi




Jakarta, Indonesia

Survei LSI Denny JA mengungkap tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 10 tahun berada di angka 80,8 persen.

Survei menyebut hanya 18,5 persen masyarakat tidak puas atau sangat tidak puas dengan kinerja Jokowi. Lalu ada 0,7 persen responden sisanya yang tidak tahu atau tidak menjawab.

“Menjelang selesainya masa kepemimpinan Pak Jokowi selama 10 tahun, tingkat kepuasan terhadap Pak Jokowi masih sangat tinggi. Mereka yang puas terhadap kinerja Pak Jokowi selama menjabat sebagai presiden itu di angka 80,8 persen,” kata peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam konferensi pers daring, Selasa (15/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adjie membandingkan angka itu dengan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjelang lengser. Menurutnya, kepuasan publik terhadap Jokowi lebih tinggi.

Kemudian, LSI Denny JA membedah tingkat kepuasan berdasarkan usia. Tingkat kepuasan di kalangan Gen Z (di bawah 27 tahun) dan milenial (28-43 tahun).

Tingkat kepuasan Gen Z terhadap Jokowi mencapai 85,9 persen. Sementara itu, tingkat kepuasan di Generasi Milenial 81,8 persen.

Tingkat kepuasan publik berusia 44-59 tahun atau Generasi X 78,2 persen. Adapun publik berusia lebih dari 60 tahun alias Baby Boomers memiliki tingkat kepuasan 80,3 persen.

“Bisa kita simpulkan, bahwa tingkat kepuasan Pak Jokowi ini lebih tinggi di generasi yang lebih muda, terutama di Gen Z maupun di Generasi Milenial,” ujarnya.

Dari segi ekonomi, tingkat kepuasan terhadap Jokowi lebih besar di kalangan menengah ke bawah. Sebanyak 83,3 persen masyarakat berpenghasilan di bawah Rp2 juta per bulan puas dengan kinerja Jokowi.

Publik berpenghasilan Rp2 juta-Rp4 juta per bulan punya tingkat kepuasan 79,8 persen. Adapun masyarakat berpenghasilan lebih dari Rp4 juta per bulan tingkat kepuasannya 75,5 persen.

Survei ini dilakukan LSI Denny JA pada 26 September sampai 3 Oktober 2024. LSI melibatkan 1.200 orang responden yang dipilih menggunakan multistage random sampling.

Data dikumpulkan dengan metode wawancara tatap muka. Ambang batas kesalahan atau margin of error survei ini +/-2,9 persen.

Sebelumnya, Indikator Politik menyebut 74,96 persen responden masyarakat menunjukkan kepuasan terhadap kinerja Jokowi.

Pada periode pertama, Indikator mencatat tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi berada di angka 65,5 persen. Lalu pada periode kedua, Februari 2020 hingga September 2024, tingkat kepuasan berkisar di angka 70,9 persen.

Selain itu, pada Juni 2024, Litbang Kompas menyebut tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi berada di angka 75,6 persen. Angka tingkat kepuasan ini menjadi yang tertinggi pada periode kedua Jokowi.

Sektor politik keamanan menjadi wilayah yang paling diapresiasi publik. Sebanyak 85,5 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi di sektor ini. Di bidang kesejahteraan sosial, kepuasan publik mencapai 82 persen. Adapun kepuasan publik di sektor ekonomi 65,1 persen.

Satu-satunya sektor yang menjadi catatan adalah bidang hukum. Hanya 57,4 persen responden yang menyatakan puas.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *