Rencana Tayang Blade Dihapus, Produksi Ditunda Tanpa Batas Waktu




Jakarta, Indonesia

Film superhero Blade dari Marvel Cinematic Universe (MCU) ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Proyek dibintangi Mahershala Ali itu tidak lagi memiliki jadwal tayang imbas tanggal perilisannya dihapus dari kalender Marvel Studios.

Variety pada Selasa (22/10) memberitakan Blade yang semula mendapat jadwal tayang pada 7 November 2025 dikonfirmasi kehilangan slot tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Disney selaku perusahaan induk Marvel mengisi tanggal itu untuk perilisan film Predator: Badlands. Blade kemudian tak mendapat tanggal perilisan lain, baik sebelum maupun setelah jadwal semula.

Sementara itu, Marvel Studios justru menambah tiga tanggal baru untuk proyek yang masih rahasia. Tiga tanggal itu tersebar pada 18 Februari 2028, 5 Mei 2028, dan 10 November 2028.


Keputusan mencoret Blade dari kalender perilisan itu diperkirakan dibuat imbas kebijakan CEO Disney Bob Iger mengenai porsi proyek MCU yang tayang setiap tahun.

Pada Mei 2024, ia menyatakan keinginannya supaya Marvel Studios hanya merilis maksimal tiga film per tahun.

[Gambas:Video ]

Jika mengacu keputusan itu, Blade jadi film yang tersingkir dari jadwal perilisan film MCU untuk 2025. Sebab, tiga film sudah siap tayang tahun depan, yakni Captain America: Brave New World, Thunderbolts, dan The Fantastic Four: First Steps.

Blade menjadi satu-satunya proyek yang sama sekali belum memulai produksi. Padahal, ketiga judul lain sudah mulai syuting, bahkan sudah ada yang masuk tahap final produksi.

Proyek itu juga menghadapi berbagai masalah sejak pertama kali diumumkan. Pengembangan proyek Blade terus menemui titik buntu karena berulang kali ditinggal sutradara.

Terbaru, sutradara Yann Demange mundur dari proyek tersebut pada Juni 2024. Bassam Tariq yang pertama kali didapuk menjadi sutradara juga cabut dari proyek tersebut pada 2022.

Blade disiapkan sebagai film reboot dari Blade versi Wesley Snipes rilisan 1998, atau era sebelum MCU. Blade versi Snipes tayang pada akhir 1990-an dan berkembang menjadi trilogi hingga 2004.

Karakter pemburu vampir itu kemudian kembali ke Marvel pada 2012. Proyek reboot mulai dibahas dan Mahershala Ali terpilih sebagai pemeran Eric Cross Brooks pada 2019.

Di sisi lain, Wesley Snipes justru lebih dulu muncul di MCU sebagai Blade ketika menjadi cameo film Deadpool & Wolverine. Ia menjadi karakter kejutan yang muncul bersama Elektra (Jennifer Garner), Gambit (Channing Tatum), dan X-23 (Dafne Keen).

(frl/chri)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *