Jadwal Lengkap Awal Musim Hujan di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Sebagian wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, diprediksi bakal mulai masukĀ musim hujan pada akhir Oktober dan mencapai puncaknya FebruariĀ 2025. Berikut jadwal lengkapnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut awalmusim hujan tahun ini tidak akan terjadi bersamaan di seluruh daerah, dan bervariasi antara Agustus hingga November 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan sebagian kecil wilayah Tanah Air telah mengalami musim hujan pada Agustus, tetapi Sebagian besar lainnya akan mengawali musim hujan pada rentang September hingga November.

“Kemudian kapankah awal musim hujan? Bervariasinya pola curah hujan di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara bersamaan,” kata Dwikorita beberapa waktu lalu.

“Musim hujan 2024-2025 telah terjadi di Sebagian kecil wilayah pada bulan Agustus 2024. Kemudian diprediksi akan terjadi di Sebagian besar wilayah lainnya pada bulan September hingga November 2024,” ujarnya menambahkan.

Dari total 699 zona musim (ZOM), Dwikorita menyebut 75 ZOM atau 10,7 persen wilayah memasuki musim hujan di September.

Kemudian, 210 ZOM atau 30,04 persen wilayah Tanah Air akan memasuki musim hujan pada Oktober, dan 181 ZOM atau 25,9 persen wilayah akan memasuki musim hujan pada November.

Sementara itu, Ardhasena Sopaheluwakan, Deputi Bidang Klimatologi, mengungkap ada sejumlah alasan mengapa hujan di Tanah Air datang lebih cepat. Salah satunya ada peran fenomena iklim La Nina.

“Jadi kalau kita simak memang La Nina saat ini belum terjadi, tetapi kita prediksi nanti akan segera terjadi walaupun dengan intensitas lemah,” kata Ardhasena.

“Lalu kalau kita lihat juga di wilayah Indonesia, ini kondisi suhu muka lautnya cukup hangat. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan mayoritas daerah zona musim memasuki awal musim hujannya lebih awal,” ujarnya menambahkan.

Di Bogor, sejumlah wilayah sudah memasuki musim hujan sejak akhir September hingga awal Oktober. Berikut jadwal lengkap awal musim hujan di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi:

September dasarian III

Wilayah Bogor masuk musim hujan lebih awal, yakni di sepuluh hari ketiga (dasarian III) September. Deret wilayahnya yaitu Bogor bagian barat laut (ZOM Jabar 9); kemudian sebagian kecil Bogor bagian utara dan sebagian Bogor bagian timur (ZOM Jabar 10); dan sebagian kecil Bogor bagian selatan (ZOM Jabar 16)

Oktober dasarian III

Sejumlah wilayah Bekasi masuk musim hujan pada dasarian ketiga Oktober. Di antaranya Bekasi bagian selatan, sebagian kecil Karawang bagian selatan (ZOM Jabar 7).

Wilayah Kota Tangerang (Cibodas, Ciledug, Cipondoh, Jatiuwung, Karangtengah, Karawaci, Pinang, dan Tangerang), serta Kota Tangerang Selatan (Ciputat, Pamulang, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara, Setu) yang masuk dalam ZOM Banten-DKI 12 juga diprediksi masuk musim hujan pada dasarian III Oktober.

November dasarian I

Sementara itu, wilayah Bekasi bagian tengah, Karawang bagian tengah, Kota Bekasi bagian tenggara yang masuk dalam ZOM Jabar 2, diprediksi masuk musim hujan pada dasarian I November.

Desember dasarian I

Sejumlah wilayah Tangerang (Batuceper, Benda, Periuk), Kabupaten Serang (Carenang, Tanara, Tirtayasa), dan Kabupaten Tangerang (Gunungkaler, Kemiri, Kosambi, Kresek, Kronjo, Mauk, Mekarbaru, Pakuhaji, Pasar Kemis, Rajeg, Sepatan, Sepatan Timur, Sindangjaya, Sukadiri, Sukamulya, dan Teluk Naga) diprediksi akan masuk musim hujan pada dasarian I Desember.

(lom/dmi)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *