RI Ingin Gabung BRICS Sama China-Rusia sampai Cekcok Eks PM Singapura



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Perselisihan anak-anak pendiri Singapura Lee Kuan Yew yakni antara eks Perdana Menteri Lee Hsien Loong dan adiknya hingga Menlu RI Sugiono menghadiri KTT BRICS di Rusia menjadi perhatian berita kanal internasional.

Agresi Israel ke Jalur Gaza Palestina hingga Lebanon juga tetap menjadi sorotan. Berikut kilas berita internasional pada Kamis (24/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menlu Sugiono Sebut Indonesia Ingin Gabung BRICS

Menteri Luar Negeri RI Sugiono menyampaikan keinginan Indonesia untuk bergabung menjadi anggota kelompok BRICS dalam pertemuan KTT BRICS Plus di Kazan, Rusia, Kamis (24/10).

Dengan pengumuman tersebut, proses Indonesia untuk bergabung menjadi anggota BRICS telah dimulai.

“Bergabungnya Indonesia ke BRICS merupakan pengejawantahan politik luar negeri bebas aktif. Bukan berarti kami ikut kubu tertentu, melainkan kami berpartisipasi aktif di semua forum,” kata Sugiono dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (26/10).

Sebulan Agresi Israel ke Lebanon, Kenapa AS Tak Bisa Setop Tel Aviv?

Amerika Serikat seolah tak berkutik terhadap eskalasi konflik di Timur Tengah ketika pasukan militer Israel melancarkan serangan udara hingga invasi darat ke Lebanon.

Israel melancarkan gelombang serangan udara ke markas Hizbullah di Beirut Selatan, Lebanon pada Rabu (23/10) malam. Serangan ini terjadi kala agresi Israel ke Lebanon memasuki bulan pertama.

Per Rabu (23/10), menurut data Dewan Menteri Urusan Bencana dan Manajemen Risiko Lebanon, agresi Israel ke Lebanon telah menewaskan 2.350 orang dengan 11.803 orang lainnya terluka.

Meski begitu, Amerika Serikat tetap tak berbuat banyak untuk menyetop agresi Israel yang terus meluas di Lebanon. Sejauh ini, Washington hanya mendesak sekutu dekatnya itu untuk meredam eskalasi di kawasan. Mengapa demikian?

Awal Mula Cekcok Kedua Anak Pendiri Singapura Lee Kuan Yew

Putra bungsu mendiang pendiri Singapura Lee Kuan Yew, Lee Hsien Yang, mengaku menjadi pengungsi di Inggris usai cekcok dengan kakaknya, Lee Hsien Loong.

Dalam unggahan Facebook pada Selasa (22/10), Yang mengatakan dirinya telah mencari suaka sejak 2022 karena “serangan” yang dilakukan pemerintah Singapura yang membuat ia dan keluarga menghadapi risiko penganiayaan. Saat itu, sang kakak, Loong, masih menjabat sebagai Perdana Menteri Singapura.

Bagaimana awal mula cekcok di antara kedua anak Lee Kuan Yew tersebut?

(rds)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *