Tinggi Karbohidrat, 5 Buah Ini Dilarang Dikonsumsi Penderita Diabetes


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Tak semua buah aman dikonsumsi penderita diabetes yang rentan akan lonjakan gula darah. Ada beberapa buah yang dilarang untuk penderita diabetes.

Buah dikenal kaya nutrisi. Namun selain itu, buah juga dikenal akan rasanya yang manis karena kandungan gula alaminya.

Sementara penderita diabetes selalu dianjurkan untuk membatasi asupan gula. Lantas, bagaimana dengan buah? Bolehkah penderita diabetes makan buah?


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ahli gizi Regina Castro mengatakan, beberapa buah memang mengandung lebih banyak gula daripada yang lain. Namun, bukan berarti buah tak boleh dikonsumsi penderita diabetes.

Penderita diabetes boleh-boleh saja mengonsumsi buah, asalkan memperhatikan jumlahnya.

“Saat Anda memutuskan buah apa yang dimakan, ingat lah bahwa satu porsi [buah] tidak boleh mengandung lebih dari 15 gram (g) karbohidrat,” ujar Castro, mengutip laman Mayo Clinic.

Buah yang dilarang untuk penderita diabetes

Meski diperbolehkan, namun ada baiknya juga jika Anda memperhatikan jenis buah yang dikonsumsi. Berikut beberapa buah yang dilarang untuk penderita diabetes, mengutip berbagai sumber.

1. Pisang

Buah pisang yang matang rata-rata memiliki rasa yang manis legit. Mengutip Medical News Today, satu buah pisang umumnya mengandung 20,1 g karbohidrat.

Penderita diabetes hanya diperbolehkan mengonsumsi 1/2 potong buah pisang.

2. Nanas




female hands holds pineapple on green tropical jungle background.Ilustrasi. Nanas, salah satu buah yang dilarang untuk penderita diabetes. (Istockphoto/Kateryna Kukota)

Nanas dikenal akan indeks glikemiknya yang tinggi. Semakin tebal dan lebar buah, makan semakin banyak karbohidrat di dalam nanas.

Penderita diabetes bisa memilih nanas muda jika ingin. Namun, jangan lupa padukan dengan makanan kaya protein lainnya.

3. Mangga

Satu buah mangga biasanya mengandung karbohidrat tinggi. Dalam setiap 100 g mangga biasanya terkandung 15 g karbohidrat.

4. Kurma kering

Meski banyak manfaat, namun penderita diabetes harus hati-hati saat mengonsumsi kurma. Kurma kering cenderung memiliki kadar gula dan karbohidrat yang tinggi.

Pada setiap 24 g kurma Medjool misalnya, rata-rata mengandung 67 kalori dan 18 g karbohidrat.

5. Anggur

Satu buah anggur umumnya mengandung 1 g karbohidrat. Jika mengonsumsi 20 buah anggur, maka artinya Anda mengonsumsi 20 g karbohidrat.

Namun demikian, anggur kaya akan polifenol yang bisa melawan paparan radikal bebas. Penderita diabetes disarankan membatasi asupan anggur.

Demikian beberapa buah yang dilarang untuk penderita diabetes. Batasi asupan buah di atas agar kadar gula darah senantiasa terjaga.

(asr/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *