6 Kombinasi Makanan yang Bikin Nutrisi Terserap Sempurna


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Memadukan dua jenis makanan tidak bisa sembarangan. Perpaduan makanan berikut bakal memaksimalkan penyerapan nutrisi sehingga manfaatnya optimal.

Seni ‘food pairing‘ alias padu padan makanan tidak hanya soal rasa, tapi juga nutrisi. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi malah menghalangi penyerapan nutrisi makanan lain.

Berikut rekomendasi perpaduan dua makanan agar Anda mendapatkan nutrisi maksimal lewat penyerapan yang optimal.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Kiwi dan steak

Padukan steak atau sajian daging sapi lain dengan pangan tinggi vitamin C, salah satunya kiwi. Daging sapi tinggi zat besi dan penyerapannya bisa maksimal saat dipadukan dengan vitamin C.

“Saat dikonsumsi dengan daging sapi-yang merupakan sumber zat besi heme yang kaya-vitamin C dari kiwi membantu mengubah zat besi menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tubuh,” kata dietisien Lauren Manaker, mengutip dari Well and Good.

2. Tomat dan minyak zaitun

Kombinasi menakjubkan lainnya adalah makanan dengan lemak sehat dan makanan tinggi karotenoid. Karotenoid termasuk beta-karoten, likopen dan lutein, adalah senyawa larut lemak yang ditemukan pada sayuran berwarna cerah seperti tomat, wortel, dan sayuran hijau.

Jika Anda ingin meningkatkan penyerapan senyawa bermanfaat ini, sebaiknya konsumsi bersamaan dengan sumber lemak sehat.

Minyak zaitun pada salad tomat jadi kombinasi sehat dan penuh nutrisi. Tubuh pun mampu menyerap dan memanfaatkan antioksidan dengan maksimal.

3. Kacang-kacangan dan nasi

Saat dikonsumsi bersama-sama, ternyata kacang-kacangan dan nasi mampu mendatangkan manfaat tak terduga.

“Menambahkan kacang-kacangan memudahkan tubuh Anda untuk mengatur karbohidrat dan membantu mencegah lonjakan gula darah dan penurunan energi,” jelas ahli gizi kuliner Stephanie McKercher, mengutip dari NBC News.

4. Pisang mentah dan yogurt




Ilustrasi overnight oat pisang cokelatIlustrasi. Pisang dan yogurt, kombinasi makanan yang bisa mendorong penyerapan nutrisi. (iStockphoto)

Prebiotik dan probiotik sebaiknya berjalan beriringan. Manaker menyarankan untuk mengkombinasikan yogurt dan pisang yang belum matang sempurna.

Yogurt merupakan pangan tinggi probiotik dengan kandungan bakteri hidup yang meningkatkan mikrobioma usus yang sehat. Sementara pisang merupakan sumber prebiotik atau serat yang tidak dapat dicerna, yang berfungsi sebagai makanan bagi probiotik.

“Ketika dikonsumsi bersama, prebiotik dalam pisang menutrisi bakteri probiotik dalam yogurt, menciptakan lingkungan yang optimal untuk kesehatan usus. Sinergi ini meningkatkan efisiensi keseluruhan sistem pencernaan,” kata Manaker.

5. Telur dan keju

Untuk mendapatkan vitamin D dan kalsium yang maksimal, Anda perlu memadukan telur dan keju. Telur sebagai sumber vitamin D, sedangkan keju adalah sumber kalsium.

Telur dan keju ideal sebagai menu sarapan penuh gizi.

“Vitamin D memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium, mineral yang penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat,” ujar Manaker.

6. Quinoa dan jamur

Magnesium memainkan peran penting dalam penyerapan dan metabolisme vitamin D. Magnesium berperan sebagai kofaktor dalam proses enzimatik perubahan vitamin D menjadi bentuk aktifnya.

Jamur tinggi akan vitamin D, sedangkan quinoa mengandung magnesium. Perpaduan keduanya dapat membantu efisiensi penyerapan nutrisi.

(els/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *