Ada Isyana dan Sri Mulyani



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Presiden terpilih Prabowo Subianto telah rampung memanggil para calon menteri, calon wakil menteri hingga kepala badan yang akan dilantik dalam pemerintahan mendatang.

Pemanggilan itu dilakukan di kediamannya Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10) dan Selasa (15/10).

Sejumlah tokoh perempuan pun turut dipanggil Prabowo dan diproyeksikan masuk dalam kabinet. Berikut daftar sosok perempuan yang dipanggil:


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani dipanggil Prabowo kemarin. Usai pertemuan, ia mengaku bicara soal posisi menteri dengan Prabowo.

“Beliau meminta saya untuk jadi menkeu kembali,” ungkap Sri Mulyani.

Sri sudah berkiprah di pemerintahan sebagai menteri keuangan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia juga menjabat posisi tersebut di kabinet Jokowi selama dua periode.

Kehadiran Sri Mulyani menjadi sorotan. Pasalnya, ia dikenal sebagai sosok yang bertentangan dengan Prabowo karena urusan anggaran Kementerian Pertahanan.

Veronica Tan

Veronica Tan menjadi sosok kejutan dari daftar calon menteri Prabowo. Veronica mulai dikenal publik sejak mantan suaminya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menjabat wakil gubernur DKI Jakarta bersama Joko Widodo pada 2012.

Veronica adalah perempuan kelahiran Medan yang aktif di komunitas Tionghoa. Ia juga memiliki bisnis daging impor melalui Alpha Agro Indonesia sejak 2018.

Usai pertemuan dengan Prabowo, Veronica enggan membeberkan isi pembicaraan. Dia juga tak mau mengonfirmasi apakah ditawari posisi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

“Nanti tunggu dari Pak Presiden (Prabowo),” ucap Veronica.

Widiyanti Putri Wardhana

Ada pula Widiyanti Putri Wardhana. Widiyanti adalah Komisaris PT Teladan Prima Agro (TPA) sejak 2021. Dia pernah menjabat direktur di perusahaan itu pada 2012 hingga 2021.

Ia adalah anak dari Wiwoho Basuki, pengusaha terkemuka yang sukses membangun kekayaan di sektor energi dan batu bara. Wiwoho dikenal karena kiprahnya di PT Indika Energy Tbk, PT Kieco Jaya Agung, dan PT Cirebon Elektrik Power.

Widiyanti juga istri dari Wishnu Wardhana. Wishnu adalah pengusaha tambang yang juga mantan Direktur Utama PT Indika Energy Tbk (INDY).

Ribka Haluk

Sosok perempuan lainnya adalah Ribka Haluk. Ribka merupakan penjabat Gubernur Papua saat ini.

“Ini pertama kali saya ke Kertanegara, beliau mengucapkan terima kasih karena bergabung dengan kabinet beliau untuk melakukan kerja-kerja yang ditugaskan kepada kami,” ucap Ribka kepada wartawan, Senin (14/10).

Meutya Hafid

Kemudian ada politikus Partai Golkar Meutya Hafid. Meutya adalah mantan jurnalis yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi I DPR. Nama Meutya memang menjadi salah satu calon yang diusulkan Golkar.

Ia disebut-sebut akan menduduki posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Namun, Meutya enggan membeberkan penugasan dari Prabowo.

“Nanti beliau yang umumkan. Tapi enggak jauh dari bidang saya,” ucapnya.

Arifah Choiri Fauzi

Sekretaris Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama Arifah Choiri Fauzi juga ikut hadir dalam pemanggilan calon menteri di rumah Prabowo.

Namun, ia enggan menjelaskan apa yang dibicarakan dengan Prabowo. Menurutnya, lebih baik Prabowo yang memberi penjelasan.

Arifah dikenal sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

Christina Aryani

Politikus Partai Golkar Christina Aryani juga turut dipanggil Prabowo dan diproyeksikan masuk dalam kabinet pemerintahan.

Christina diketahui memiliki latar belakang pendidikan ekonomi dan hukum. Saat ini Christina tengah menyelesaikan penelitiannya untuk memperoleh gelar doktor ilmu hukum di Universitas Indonesia.

Usai pertemuan, ia menyatakan dirinya diminta untuk membantu pemerintahan Prabowo. Namun, ia belum membocorkan soal posisi yang akan ditempati.

Isyana Bagoes Oka

Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka juga terlihat mendatangi rumah Prabowo di Kertanegara di tengah pemanggilan para calon anggota kabinet.

Namun, Isyana masih merahasiakan soal jabatan atau posisinya di dalam kabinet. Ia hanya mengatakan dirinya akan ditempatkan sesuai dengan bidang dan passion-nya.

Diana Kusumastuti

Sosok Diana Kusumastuti juga dipanggil oleh Prabowo selaku presiden terpilih dan disebut-sebut akan masuk dalam kabinet.

Diana saat ini diketahui menjabat sebagai Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR sekaligus Komisaris Utama Abipraya.

Usai pertemuan, Diana mengaku diminta oleh Prabowo untuk membantu pemerintahan, khususnya di bidang infrastruktur.

Stella Christie

Akademisi sekaligus Guru Besar Tsinghua University, China, Stella Christie juga dipanggil ke kediaman Prabowo sebagai calon anggota kabinet.

Ia tak membeberkan soal posisi apa yang akan diembannya di kabinet Prabowo. Stella hanya menyebut posisinya itu masih terkait dengan latar belakang dirinya.

Dyah Roro Esti

Politikus Partai Golkar, Dyah Roro Esti turut hadir di Kertanegara untuk bertemu dengan Prabowo selaku presiden terpilih. Diketahui, Dyah merupakan anggota DPR RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur X.

Dalam pertemuan itu, Dyah mengaku membahas terkait pertumbuhan ekonomi nasional dengan Prabowo. Namun, ia belum membocorkan soal posisi yang akan ditempatinya.

(dis/isn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *