Jelang Jokowi Lengser, Aliansi BEM Indonesia Demo di DPR Hari Ini




Jakarta, Indonesia

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kerakyatan akan menggelar aksi demonstrasi pada hari ini, Rabu (16/10) di depan Gedung DPR RI, Jakarta.

Koordinator Pusat BEM SI Kerakyatan Satria Naufal mengatakan aksi akan dimulai pukul 13.00 dengan arak-arakan atau longmars dari Gedung TVRI sampai pada titik pusat aksi di Gedung DPR RI.

Ia menjelaskan aksi bertajuk ‘Menghitung Hari Menuju Pengadilan Jokowi’ ini merupakan bentuk pengawalan menuju hari-hari turunnya presiden RI selama dua periode itu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Naufal mengatakan rezim Jokowi 10 tahun terakhir telah membuahkan darah dan tangisan kepada rakyat melalui berbagai sikap, kebijakan, dan perundang-undangan yang menyengsarakan.

“Sore nanti adalah aksi simbolik namun begitu esensial dalam memaknai 10 tahun kepemimpinan Joko Widodo. Kesengsaraan, tangisan, ketakutan, kepalsuan dan lainnya akan kita luapkan dalam berbagai simbol dan narasi sore nanti,” kata Naufal, Rabu.

Ia menjelaskan secara lebih spesifik aksi akan mengulas berbagai hal yang dinilai sebagai dosa Jokowi selama 10 tahun menjabat.

Di antaranya autocratic legalism, omnibus law, deforestasi, perusakan lingkungan, politik sandera, UU bermasalah, represifitas aparat dan beberapa hal lainnya,

“Aksi ini juga merupakan sinyal pantikan dari Jakarta yang kami kirimkan kepada wilayah-wilayah dan daerah-daerah untuk kemudian juga turut melakukan Aksi Massa secara besar mulai hari ini sampai tanggal 20 Oktober nanti,” katanya.

Presiden Jokowi akan mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober mendatang. Prabowo Subianto dan anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming kemudian akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden untuk periode 2024-2029.

(yoa/kid)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *