Aldi Mahendra Naik Kelas Usai Juara Dunia WSSP 300 Superbike




Jakarta, Indonesia

Pembalap Aldi Mahendra dipastikan naik kelas ke World Supersport 600 atau WSSP 600 dalam Kejuaraan Dunia Superbike 2025 setelah sukses merebut gelar juara dunia WSSP 300.

Aldi optimistis bisa bicara banyak musim depan dalam debutnya di World Supersport 600. Ia bahkan sudah menetapkan target spesifik pada ajang kasta kedua ajang balap Superbike tersebut.

“Untuk tahun depan saya akan naik ke supersport. Soal target mudah-mudahan bisa di 10 besar dan mengincar kemenangan karena itu jadi musim pertama saya,” kata Aldi di Jakarta, Kamis (24/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk memantapkan persiapan naik ke kelas yang lebih tinggi, Aldi menyatakan ingin fokus melakukan persiapan intensif di Eropa selama lima bulan. Karenanya, ia enggan mengaspal di kejuaraan nasional karena jadwal yang begitu padat.

“Kalau balapan di kejurnas tahun depan, jadwal sudah padat. Sebenarnya bisa, tapi susah karena saya lima bulan akan tinggal di Eropa. Jadi saya fokus ke [persiapan WorldSSP] di sana,” ujarnya.

Manajer Motorsport Yamaha Indonesia, Wahyu Rusmayadi, menyatakan pihaknya sudah menyusun program khusus untuk Aldi. Sebelum persiapan intensif di Eropa, pihak Yamaha akan membawa Aldi latihan di Sirkuit Philip Island, Australia.

“Akan ada program yang kami lakukan di Indonesia dan Eropa. Setelah di Philip Island, Aldi akan ke Eropa dan stay di sana kurang. Artinya ada waktu kurang lebih lima bulan Aldi akan menetap selama lima bulan di Eropa,” ujar Wahyu.

Selama di Eropa, Aldi akan berlatih dengan sepeda motor baru di empat lokasi. Namun pihak Yamaha belum bisa merinci sirkuit yang dimaksud.

“Tentunya kami sudah bekerjasama dengan Yamaha Motor Company dan Yamaha Europe. Sudah ada jadwal tes dan jadwal balapan di empat sirkuit yang Aldi belum pernah ke sana,” kata Wahyu.

“Jadi secepat mungkin Aldi perlu latihan di sana sambil kami periksa secara komprehensif karena dia akan pakai motor baru yang konfigurasinya berbeda,” ia menambahkan.

Aldi Mahendra mencetak sejarah sebagai pembalap pertama asal Indonesia yang mampu menjadi juara dunia di ajang Superbike pada musim 2024. Pembalap BrCorse Yamaha itu menjadi juara dunia di kelas WorldSSP 300.

[Gambas:Video ]

(ikw/har)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *