Kenapa Turki Rezim Erdogan Sangat Memusuhi Kelompok Kurdi?




Jakarta, Indonesia

Kelompok Kurdi saat ini sedang menjadi perbincangan usai Turki menyerang 32 target Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Irak utara dan Suriah utara pada Rabu (23/10).

Tindakan ini dilakukan sebagai respons Turki usai PKK melancarkan serangan mematikan di markas pabrik penerbangan militer di Ibu Kota Ankara.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Serangan terhadap kelompok Kurdi ini sejatinya bukan hal baru. Sebab, awal 2024 lalu, Turki juga pernah menyerang kelompok Kurdi.

Ketegangan antara Turki dan kelompok Kurdi ini mulai meningkat sejak Erdogan kembali terpilih sebagai Presiden pada 2022 lalu.

Lantas, apa yang membuat Turki memusuhi kelompok Kurdi?

Ingin merdeka dari Turki

Di bawah rezim Presiden Recep Tayyip Erdoğan, kelompok Kurdi telah dianggap sebagai kelompok teroris.

Ini terjadi lantaran kelompok tersebut berusaha memecah belah kedaulatan dan persatuan Turki. Mereka ingin merdeka menjadi negara berdaulat.

“Mereka ingin menekan keberagaman di Turki, mencegah partisipasi dan integrasi warga Turki yang berasal dari Kurdi, serta mengintimidasi masyarakat di wilayah tersebut,” kata Kementerian Luar Negeri Turki.

Untuk mewujudkan misi mereka menjadi negara merdeka, kelompok Kurdi kerap melakukan aksi pemberontakan.

Kemlu Turki menjelaskan, target pemberontakan kelompok tersebut meliputi anggota polisi, militer, dan warga sipil.

Kelompok ini juga kerap melakukan pemberontakan dengan menyerang industri pariwisata Türki, infrastruktur ekonomi, lembaga pendidikan, guru, rumah sakit, perusahaan publik dan swasta khususnya di tenggara negara itu.

“Mereka menggunakan berbagai metode untuk melakukan aksi teror mulai dari menyerang infrastruktur, berbagai fasilitas, hingga menggunakan sianida untuk meracuni persediaan air minum,” lanjut Kemlu Turki.

Selain itu, kelompok Kurdi juga terlibat dalam taktik aksi pembunuhan, penyergapan, hingga penculikan warga sipil.

Tercatat, sudah lebih dari 40 ribu warga Turki yang tewas imbas tindakan pemberontakan yang dilakukan kelompok tersebut.

Hal inilah yang membuat Erdogan ingin segera memberangus kelompok Kurdi dari negaranya. Sebab, ia menganggap kelompok ini telah mengganggu keamanan, kedaulatan, serta persatuan negara.

(gas/bac)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *