DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan




Jakarta, Indonesia

Komisi I DPR resmi menyepakati Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pengganti Budi Gunawan.

Hal ini diputuskan usai Herindra mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di kompleks parlemen, Rabu (16/10).

“Hasil dari dari tim tersebut menyatakan Muhammad Herindra dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden,” ujar Ketua DPR Puan Maharani.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Uji kelayakan dan kepatutan dihadiri lima pimpinan DPR, termasuk Puan. Komisi I DPR menyatakan Herindra memenuhi syarat dan kualifikasi sebagai Kepala BIN.

Selanjutnya, nama Herindra akan disahkan dalam rapat paripurna DPR yang akan digelar pada Kamis (17/10).

Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sebelumnya sempat mengatakan kemungkinan Herindra akan dilantik bersamaan dengan kabinet Prabowo Subianto pada 21 Oktober 2024.

Herindra akan menggantikan Budi Gunawan yang telah menjabat sejak 2016. Penggantian kepala itu diklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan permintaan Prabowo selaku presiden terpilih.

Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Ia pensiun dari TNI dengan pangkat Letnan Jenderal dengan jabatan terakhir sebagai Kasum TNI.

(thr/tsa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *