Siap-siap, Apple Intelligence Bakal Meluncur Akhir Bulan Ini




Jakarta, Indonesia

Serangkaian fitur kecerdasan buatan (AI) Apple Intelligence bakal segera hadir akhir bulan ini ke sejumlah perangkat Apple. Apple Intelligence akan hadir bersamaan perilisan sistem operasi terbaru mereka, iOS 18.1 dan macOS Sequoia 15.1.

Pembaruan sistem operasi produk Apple ini akan menghadirkan fitur Apple Intelligence ke iPhone 16 dan beberapa perangkat Apple. Menurut laporan Bloomberg, Apple Intelligence akan meluncur tanggal 28 Oktober.

Melansir Engadget, gelombang pertama update Apple Intelligence akan menghadirkan fitur text editor dan alat penyimpul, perekam audio pintar beserta transkrip untuk Mail, Notes, Pages, dan berbagai aplikasi lainnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apple Intelligence juga menghadirkan fitur Memories dalam aplikasi Photos yang akan memudahkan pengguna untuk membuat film dengan foto dari galeri dan Clean Up dapat menghapus background foto.

Fitur-fitur lain seperti integrasi ChatGPT dan Genmoji akan hadir di iOS 18 versi belakangan yang rilis pada akhir tahun ini dan awal tahun 2025.

Apple Intelligence merupakan serangkaian fitur AI yang hadir untuk perangkat iPhone, iPad, dan Mac. Fitur tersebut pertama kali diperkenalkan dalam gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 yang digelar pada Juni lalu.

Apple Intelligence akan terintegrasi ke dalam seluruh sistem operasi terbaru dari Apple, mulai dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.

Teknologi ini disebut memanfaatkan kemampuan Apple silicon untuk memahami dan menciptakan bahasa dan gambar, melakukan tindakan di seluruh aplikasi, serta memanfaatkan konteks personal untuk menyederhanakan dan mempercepat tugas sehari-hari.

Apple Intelligence dapat dimanfaatkan pengguna untuk meningkatkan kemampuan menulis dan dan komunikasi agar lebih efektif.

Dengan bantuan AI, pengguna dapat menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di mana pun mereka menulis, termasuk Mail, Catatan, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

Mark Gurman, analis Bloomberg, juga memprediksi Apple akan merilis beberapa produk pada 1 November nanti, berikut list produk-produk yang diprediksi:

  • Laptop kelas low-end 14 inchi MacBook Pro dengan prosesor M4 dengan kode produk J604
  • Laptop high-end 14 inci dan 16 inci MacBook Pro dengan prosesor M4 dengan kode produk J614 dan J616
  • Mac mini yang diperbarui dengan chip M4 dan M4 Pro, memiliki kode produk J773
  • iMac yang diperbarui dengan chip M4, dengan kode produk J623
  • Pembaruan iPad mini, dengan kode produk J410

Lalu untuk tahun 2025, Gurman juga memprediksi beberapa produk akan rilis di pertengahan tahun, berikut daftarnya:

  • MacBook Air 13 inch dan 15 inci dengan chip M4, memiliki kode produk J613 dan J615
  • iPhone SE yang diperbarui, dengan kode produk V59
  • iPad Air 11 inci dan 13 inci yang diperbarui, dengan kode produk J607 dan J637
  • Aksesoris AirTag yang telah di-upgrade, dengan kode produk B589

(wnu/dmi)

[Gambas:Video ]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *