Timnas Pencak Silat Indonesia Juara Umum di Kejuaraan Asia




Jakarta, Indonesia

Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum di Kejuaraan Asia Pencak Silat 2024 di Uzbekistan, 8 hingga 16 Oktober 2024.

Kejuaraan bertajuk Asian Pencak Silat Championship 2024 ini diikuti total 13 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Uzbekistan, Kazakhstan, Filipina, India, dan Kirgizstan. Kemudian ada juga wakil dari Karakalpakstan, Uni Emirat Arab, Tajikistan, Afghanistan, dan Turkmenistan.

Indonesia berhasil menunjukkan penampilan cemerlang dengan meraih 12 medali emas dan dua perunggu. Indonesia pun sukses finis sebagai pemuncak klasemen akhir perolehan medali Asian Pencak Silat Championship 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ke-12 medali emas tersebut diperoleh oleh Andhini Gwenda, Shelena Cantika Ridwan, Ni Gusti Ayu Rosia, Atikah Putriani, Antonius Efrem Enduk, Fiqi Abdilah Lubis, I Kadek Adi Budiasta, Moh. Shafril Asad dan masing-masing dua medali emas diraih Amigos serta Risya Gunawan.

Sedangkan dua medali perunggu diraih Maliki Istiqlal Amuskan dan Yunus Andi Irwan Ulop.

“Terimakasih atas dukungan dan doa seluruh rakyat Indonesia sehingga lagu Indonesia Raya dapat berkumandang di Uzbekistan dan peran serta pemerintah khususnya Kemenpora dan Deputi 4 Kemenpora,” tulis PB Pencak Silat Indonesia di Instagram, Selasa (15/10).

[Gambas:Instagram]

Sementara di posisi kedua ditempati Malaysia dengan torehan delapan medali emas, lima perak, dan dua perunggu.

Kemudian di posisi ketiga ditempati Singapura dengan raihan empat medali emas, tujuh medali perak, dan sembilan perunggu.

Sedangkan tuan rumah Uzbekistan finis di peringkat keempat dengan raihan dua medali emas, tujuh medali perak, dan sembilan perunggu.

Wakil Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Sugiono menyebut masyarakat Indonesia bangga dengan raihan ini.

“Selamat kepada para atlet pencak silat Indonesia yang baru saja berlaga di 8th Asian Pencak Silat Championship di Uzbekistan. Selamat telah menjadi juara umum dengan raihan medali emas terbanyak mengalahkan peserta dari negara-negara lain. Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada para atlet karena telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Berbanggalah dengan apa yang baru saja diraih, karena Indonesia bangga dengan pencapaian adik-adik atlet semuanya. Tetap rendah hati dan jaga wibawa Merah Putih,” ucap Sugiono dalam rilisnya, Rabu (16/10).

“Saya berpesan, lekas hubungi orang tua masing-masing. Kabarkan berita gembira kepada mereka dan ucapkan terima kasih atas doa serta dukungan yang selama ini diberikan. Terima kasih juga kepada Manajer Tim Kombes Pol Aries Sandhi, Pelatih Kepala Indro Cahyo, serta seluruh pelatih hingga tim official yang bertugas. Para atlet berhasil meraih prestasi tertinggi di sana berkat support dari Bapak Ibu semuanya. Jaya selalu Indonesia. Jaya selalu pencak silat Indonesia,” kata Sugiono menambahkan.

[Gambas:Video ]

(rhr/jal)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *