Nobuyo Oyama, Pengisi Suara Original Doraemon Meninggal Dunia




Jakarta, Indonesia

Nobuyo Oyama, pengisi suara karakter Doraemon dalam seri anime itu, meninggal dunia pada usia 90 tahun. Pengisi suara karakter kartun ikonis itu meninggal karena usia pada Minggu (29/9).

Kabar duka itu baru diumumkan berbagai media lokal Jepang, termasuk The Japan Times, pada Jumat (11/10). Menurut laporan, pemakaman Nobuyo Oyama juga telah digelar dan dihadiri keluarga dan kerabat dekatnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nobuyo Oyama lahir di Tokyo, Jepang, pada 1933 dan merintis karier di industri hiburan dengan cita-cita menjadi seorang aktris. Ia kemudian menapaki karier sebagai pengisi suara ketika menjadi dubber serial Lassie pada 1957.

Ia kemudian melakoni kiprah sebagai pengisi suara profesional ketika bergabung dalam serial Hustle Punch (1965) dan Sazae-san (1969).


Nobuyo Oyama juga sempat menjadi pengisi suara sederet judul lain, seperti Norakuro, Hazedon, hingga Invincible Super Man Zambot 3.

Pada 1979, Oyama bergabung menjadi pengisi suara serial kartun Doraemon. Ia terpilih menjadi pengisi suara karakter utama yang merupakan seekor robot kucing genius dari masa depan.

[Gambas:Video ]

Kiprah itu melambungkan nama Oyama, seiring dengan popularitas Doraemon yang begitu luas hingga kancah internasional. Serial kartun tersebut bertahan selama puluhan tahun dan melahirkan ribuan episode.

Doraemon bahkan tercatat dirilis sejak 1979 hingga 2005. Nobuyo Oyama bergabung menjadi pengisi suara tetap untuk semua episode itu, bersama dengan sederet pengisi suara karakter penting lainnya.

Oyama juga menjadi pengisi suara Doraemon untuk proyek-proyek karakter itu di medium lainnya, seperti film anime dan video gim Doraemon.

Setelah Doraemon, Oyama sempat melebarkan sayapnya dengan mengisi suara karakter Monokuma dalam serial anime Danganropa: The Animation dan Wooser’s Hand-to-Mouth Life: Awakening Arc.

Kemudian, Nobuyo Oyama pada 2015 dikonfirmasi mengalami demensia. Kondisi itu menyebabkan semua proyeknya ditunda tanpa batas waktu.

Hal itu pula yang membuat dirinya batal kembali menjadi pengisi suara Monokuma dalam proyek Danganropa pada 2016.

Oyama kemudian menghabiskan waktunya di panti jompo sejak mengalami demensia. Selama masa tuanya, ia disebut dalam kondisi sehat meski demensia yang dialami semakin parah.

Ia juga senang berinteraksi dengan penghuni lain dan aktif dalam berbagai kegiatan di panti jompo, sebelum akhirnya berpulang pada usia 90 tahun.

(chri)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *