Dieng Kembali Membeku, Muncul Embun Es Pagi Ini




Jakarta, Indonesia

Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah kembali membeku. Setelah beberapa minggu ini tidak muncul, embun es terlihat lagi kala suhu di Dieng mencapai 1,7 derajat Celcius.

Menurut penuturan pelaku wisata Dieng, Hasta Priyandono, es kembali terlihat di kompleks Candi Arjuna pagi tadi, pada Jumat (25/10). Ini adalah embun es kedua setelah beberapa minggu embun di kompleks Candi Arjuna tidak membeku.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Tadi pagi [embun] membeku. Ini merupakan yang kedua setelah beberapa minggu ini tidak muncul embun es,” ujar Priyandono, mengutip detiktravel.

Ia berkata, suhu udara Dieng saat ini lebih dingin dari biasanya, terutama saat malam hari. Untungnya, suhu terendah pagi tadi belum mencapai 0 derajat Celcius.

“Kalau dibandingkan hari-hari sebelumnya memang lebih dingin. Meskipun suhu kalau pagi juga belum sampai 0 derajat Celcius,” tuturnya.

Aryadi Darwanto, selaku pembuat aplikasi suhu udara Dieng menyebut bahwa suhu udara terendah pagi ini turun hingga 1,7 derajat Celcius. Ini membuktikan bahwa kemunculan embun es tidak selalu harus di bawah suhu 0 derajat Celcius.

“Tadi pagi suhu terendah hanya 1,7 derajat Celcius. Tapi memang suhu udara sore sudah turun sampai 10 derajat Celcius, dan kebetulan langit cerah,” ujar Aryadi.

Embun es biasanya sering muncul saat musim kemarau. Namun, lanjut Aryadi, saat ini embun es masih muncul meski hujan sudah mulai turun di beberapa daerah.

(aur/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *