Media Australia ‘Rujak’ PM Tak Hadiri Pelantikan Prabowo Demi Kuis




Jakarta, Indonesia

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dikritik media negaranya lantaran memilih tak hadiri pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming pada Minggu (20/10).

Sky News melaporkan Albanese tidak hadir ke acara pelantikan Prabowo hanya demi mengikuti program kuis televisi Australia ABC News yang dinilainya tidak penting.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Albanese sendiri mengutus Wakil PM Australia Richard Marles menghadiri acara pelantikan Prabowo di Jakarta.

Sebelumnya, Albanes tidak bisa hadir pelantikan Prabowo kerena bentrok dengan agenda kedatangan Raja Charles III di Australia.

Pembawa acara Sky News Australia Erin Molan menekankan bahwa hal itu dianggap mengada-ada.

“Pada pekan lalu, kami meliput sebuah fakta bahwa Perdana Menteri kami Anthony Albanese tidak hadir (pelantikan Prabowo) karena bentrok dengan jadwal kunjungan Kerajaan (Inggris),” kata Molan.

“Saya membuat penekanan bahwa ia (Albanese) sehausnya bisa pergi (ke pelantikan Prabowo),” tuturnya lagi dalam siarang Sky News Australia.

Pembawa acara Sky News Australia lainnya, Chris Kenny bahkan mencap ketidakhadiran Albanese sebagai ‘Missing in Action’ atau hilang dalam tugas sebagai sindiran keras.

Ia kemudian merunut kronologi antara kedatangan Raja Charles III dengan pelantikan Prabowo yang seharusnya bisa dihadiri Albanese.

Raja Charles tiba di Sydney Australia pada Jumat (18/10). Sementara upacara penyambutan resminya digelar pada Senin (21/10) di Canberra.

Albanese malah tetap memilih tak berangkat ke Jakarta dan mengutus wakilnya, Marles, dengan alasan ia harus melakukan penyambutan Raja Charles III.

Kenny kemudian menganggap alasan itu konyol karena Marles yang diutus justru bisa hadir pula menyambut Raja Charles pada Senin (21/10).

Ia menyebut Albanese seharusnya bisa menyambut Raja Charles III terlebih dahulu pada Jumat, kemudian berangkat ke Jakarta pada Sabtu dan menghadiri pelantikan Prabowo.

Albanese malah melakukan kunjungan ke peternakan lobster dan menghadiri program kuis di ABC News.

(bac)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *