Erick Thohir Beri Peringatan ke STY, Sorot Taktik Timnas Indonesia




Jakarta, Indonesia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberi peringatan ke pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong untuk mematangkan taktik di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ini disampaikan Erick dalam rilis resmi federasi pada Jumat (25/10) sore. Bahkan, dalam rilis tersebut disinggung soal dua pelatih di Grup C dipecat akibat performa tim.

Dua pelatih yang dimaksud adalah Graham Arnold yang dipecat Australia dan Roberto Mancini yang diputus kontrak Arab Saudi. Ini menjadi bukti tuntutan begitu tinggi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Atas dasar itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengingatkan pelatih Shin Tae Yong agar selalu mematangkan tim dan taktik di setiap laga Timnas yang masih menyisakan enam pertandingan.”

“Hal ini merespons munculnya kritik keras publik pada eksperimen STY dalam laga melawan China yang mengakibatkan Timnas menelan kekalahan pertama,” tulis PSSI dalam rilisnya.

Dalam rilis tersebut ditekankan pula bahwa Erick menarget Shin minimal menempati peringkat keempat Grup C. Saat ini Indonesia menempati posisi kelima klasemen sementara.

“Saya sudah bertemu dengan coach Shin [Shin Tae Yong]. Kami serius bicara soal target Timnas untuk minimal menempati empat besar di grup,” kata Erick pada Jumat (25/10) sore.

“Ini menjadi tugas coach untuk mempersiapkan tim dan taktik dengan sebaik-baiknya. Terutama di dua laga kandang melawan Jepang dan Arab Saudi, bulan depan,” ujarnya.

Erick juga menyorot soal taktik yang diterapkan Shin dalam dua laga sebelumnya, melawan Bahrain dan China. Utamanya saat lawan China, Shin merombak skuad utama.

Dampaknya, saat melawan China, Indonesia takluk 1-2. Perubahan susunan pemain yang dilakukan Shin banyak mendapat sorotan. Shin disebut-sebut blunder oleh publik.

“Kita harus maksimal secara taktik. Stabilitas yang mulai terbangun mesti dipertahankan sehingga saat main, taktik sudah siap dan matang,” ujar Menteri BUMN ini.

Sebelumnya publik mengkritik keras Shin karena berani membongkar skuad Timnas ketika melawan China. Sejumlah pemain kunci permainan, seperti Thom Haye, tidak bermain penuh.

Eliano Reijnders bahkan dicoret Shin dari daftar susunan pemain. Eksperimen berani pria Korea Selatan ini berbuah kekalahan pertama dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

[Gambas:Video ]

(abs/jun)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *