Ukraina Sebut Korea Utara Kirim Personel Militer dan Senjata ke Rusia




Jakarta, Indonesia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan pada Minggu (13/10) bahwa hubungan pertahanan dengan sekutunya harus diubah karena Korea Utara telah mengirim personel serta senjata ke pasukan Rusia di Ukraina.

Rusia pada pekan lalu menepis pernyataan Korea Selatan yang menyebut Korea Utara kemungkinan sudah mengirim sejumlah personel militer untuk membantu Rusia perang dengan Ukraina dan ada peluang pengerahan lebih besar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami melihat bahwa aliansi antara Rusia dan rezim seperti Korea Utara semakin kuat,” kata Zelenskiy dalam video berisi pidatonya, dikutip dari Reuters.

“Ini bukan hanya tentang transfer senjata, ini sebenarnya tentang transfer orang dari Korea Utara ke angkatan bersenjata penjajah,” kata dia lagi.

“Jelas bahwa dalam kondisi seperti itu hubungan kita dengan mitra kita perlu berkembang,” tambahnya.

“Garis depan membutuhkan lebih banyak dukungan. Kita berbicara tentang kemampuan jarak jauh yang lebih besar bagi Ukraina dan pasokan yang lebih berkelanjutan bagi pasukan kita, bukan sekadar daftar perangkat keras militer,” papar Zelenskiy.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Yong-hyun mengatakan pada awal pekan lalu “ada kemungkinan besar” Korea Utara mengerahkan pasukan untuk membantu Rusia dalam perang dengan Ukraina”.

Kim juga mengatakan dalam sidang parlemen bahwa laporan berita tentang perwira militer Korea Utara yang tewas dalam serangan Ukraina di wilayah yang dikuasai pasukan Rusia kemungkinan besar benar.

Juru bicara Rusia, Dmitry Peskov, yang ditanya soal pernyataan Korea Selatan itu mengatakan kepada wartawan, “Ini tampaknya seperti berita palsu lainnya”.

(fea)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *