Daftar Pemimpin Negara Barat Semakin Muak dengan Kelakuan Netanyahu



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Eskalasi di Timur Tengah semakin meningkat usai militer Israel menyerang markas pasukan penjaga perdamaian Lebanon (UNIFIL) pada Kamis (10/10) lalu.

Israel juga menyerang tenda-tenda pengungsi di Rumah Sakit Al-Aqsa di Gaza hingga menewaskan tiga orang dan melukai 40 orang lainnya pekan ini.

Alih-alih mendorong gencatan senjata, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, malah membuat konflik di Timur Tengah semakin runyam. Hal ini kemudian membuat pemimpin negara-negara Barat makin muak terhadap PM berusia 74 tahun itu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut daftar pemimpin negara Barat yang kini makin muak dengan kelakuan Netanyahu.

Emmanuel Macron

Salah satu pemimpin negara Barat yang makin muak dengan Benjamin Netanyahu adalah Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Macron baru-baru ini memberikan sindiran tajam kepada Netanyahu atas aksi Israel yang bebal belakangan ini. Ia mengatakan Netanyahu mestinya tak boleh lupa daratan. Sebab, negaranya ada karena keputusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Tuan Netanyahu tidak boleh lupa bahwa negaranya didirikan berdasarkan keputusan PBB,” kata seorang sumber AFP yang menirukan ucapan Macron dalam rapat tertutup bersama kabinet di Istana Elysee.

Macron merujuk pada resolusi yang disahkan Majelis Umum PBB pada November 1947 mengenai pembagian Palestina menjadi negara Yahudi dan negara Arab. Menurutnya, karena resolusi itu, Israel ada sebagai negara.

Oleh sebab itu, Netanyahu tak semestinya membangkang terhadap desakan PBB selaku pihak yang ‘melahirkan’ negara tersebut. “Ini bukan saatnya untuk mengabaikan keputusan PBB,” ujar Macron.

Joe Biden

Selain Macron, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden juga mulai muak dengan kelakuan Netanyahu. Ia menilai PM Israel itu tidak mau mematuhi resolusi gencatan senjata di Gaza dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selain itu, Biden juga mulai muak lantaran Netanyahu tidak mau meredam serangannya kepada Lebanon dan Iran. Saking muaknya, beberapa waktu lalu, presiden berusia 81 tahun itu sempat menyebut Netanyahu sebagai “pembohong keparat”.

“Keparat itu, Bibi Netanyahu. Dia (adalah) orang jahat. Dia orang yang jahat!,” kata Biden seperti dilansir .

Pedro Sanchez

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, juga termasuk pemimpin yang makin muak dengan tingkah laku Netanyahu dan Israel. Dilansir Anadolu Agency, Sanchez mendesak dunia untuk segera melakukan embargo senjata Tel Aviv.

“Masyarakat internasional harus segera menangguhkan pengiriman senjata ke Israel seperti yang telah dilakukan Spanyol. Alasannya sangat sederhana dan kuat: tanpa senjata, tidak ada perang,” kata Sanchez dalam forum World In Progress Barcelona.

Selain itu, Sanchez juga mendesak negara-negara Timur Tengah cepat bertindak untuk meredam keganasan Israel di Gaza. Sebab, ia menilai Netanyahu berupaya menggagalkan solusi dua negara untuk meredam konflik di Palestina.

“Peta jalan pemerintahan Netanyahu adalah menghancurkan alternatif dan solusi politik kedua negara,” tambah dia.

Olaf Scholz

Kanselir Jerman, Olaf Scholz, juga geram dengan Israel. Sama seperti Spanyol, Scholz juga menolak untuk melakukan ekspor senjata kepada Israel. Keputusan ini juga didukung oleh wakilnya, Robert Habeck dan Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock.

“Pengiriman senjata ke Israel adalah tentang kepatuhan terhadap aturan hukum humaniter internasional. Alasan meminta komitmen tersebut adalah bahwa pengadilan administratif Jerman dapat menghentikannya.

“Bahaya ini dapat dibenarkan dan harus ditangani,” kata seorang sumber yang mengetahui perbincangan Scholz dengan jajarannya terkait keputusan penahanan ekspor senjata ke Israel dilansir Politico.

(gas/dna/bac)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *