Satgas Cartenz Tangkap Pimpinan KKB Paniai Jemmy Magai




Jakarta, Indonesia

Satgas Operasi Damai Cartenz menangkap pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Paniai, Jemmy Magai Yogi pada Rabu (16/10).

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani mengatakan penangkapan terhadap Kepala Staf Angkatan Darat West Papua Army (WPA) itu dilakukan tim gabungan di depan Kantor DPRD Dogiyai sekitar pukul 16.16 WIT.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Faizal menjelaskan penangkapan itu berawal dari adanya informasi tentang rencana pengiriman amunisi senjata yang dilakukan Jemmy dari wilayah Nabire menuju Paniai melalui Dogiyai.

“Kami kemudian melakukan pencegatan di wilayah Dogiyai dan berhasil menangkap tersangka bersama dengan sembilan orang lainnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (17/10).

Faizal mengatakan Jemmy bersama sembilan tersangka lainnya ditangkap saat sedang membawa ratusan amunisi dengan menggunakan mobil Hilux Double Cabin berwarna putih dengan nomor polisi PA 1646 HL.

Berdasarkan hasil penggeledahan, ia menyebut, ditemukan sebanyak 104 butir amunisi peluru yang terdiri dari 56 butir kaliber 5,56 mm dan 48 butir kaliber 7,62 mm. Lebih lanjut, Faizal mengatakan saat ini seluruh tersangka telah dibawa ke Posko Operasi Damai Cartenz untuk pemeriksaan lanjutan.

“Saat ini tersangka bersama barang bukti telah diamankan di Posko Operasi Damai Cartenz-2024 di Kabupaten Dogiyai untuk dilakukan pengembangan dan proses penyelidikan lebih lanjut,” tuturnya.

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz Kombes Bayu Suseno mengatakan KKB pimpinan Jemmy juga tercatat pernah terlibat dalam aksi pencurian senjata api pada tahun 2015 serta terlibat dalam kontak tembak dengan TNI di Distrik Bibida, Paniai, pada Mei 2024.

“Jemmy Magai Yogi juga merupakan adik dari Damianus Magai Yogi, Panglima KKB Tertinggi West Papua Army,” pungkasnya.

(tfq/ugo)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *