Menteri Toleransi UEA Berkunjung ke Solo, Mampir ke Rumah Jokowi




Jakarta, Indonesia

Menteri Toleransi Uni Emirat Arab (UEA), Syekh Nahyan bin Mubarak Al-Nahyan berkunjung ke Solo, Rabu (23/10).

Dalam kunjungannya, ia menyempatkan diri mampir ke kediaman pribadi Presiden Ketujuh RI, Joko Widodo, Rabu (23/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Syekh Nahyan tiba di Jalan Kutai Utara 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo Jawa Tengah pukul 13.12 WIB. Mengenakan keffiyeh dan gamis putih, ia langsung memasuki kediaman Presiden Jokowi. Pertemuan dua tokoh tersebut digelar tertutup selama sekitar 30 menit.

Jokowi mengatakan tidak ada tujuan khusus dalam pertemuannya dengan Syekh Nahyan. Mereka sekadar menjalin silaturahmi untuk menjaga hubungan baik selama ini.

“Biasa, beliau kan sudah kenal lama. Beliau ini senior dari keluarga kerajaan,” kata Jokowi usai melepas kepulangan Syekh Nahyan.

Sebelum mampir ke rumah Jokowi, Syekh Nahyan mengunjungi dua lokasi di Solo yang merupakan hibah dari Pemerintah UEA untuk Indonesia, Masjid Raya Syekh Zayed Solo dan Rumah Sakit Kardiologi.

Masjid Raya Syekh Zayed Solo adalah Replika Masjid Syekh Zayed di Abu Dhabi dibangun di atas tanah Pemerintah pada tahun 2021.

Selanjutnya Ia meninjau Rumah Sakit Kardiologi di berada di kompleks Solo Techno Park (STP). Rumah sakit tersebut saat ini masih dalam tahap pembangunan.

“Ada masalah atau enggak. Itu aja, nggak ada yang lain,” kata Jokowi.

Jokowi pun mengapresiasi Pemerintah UEA yang banyak memberikan hibah kepada Pemerintah Kota Solo selama dipimpin putranya, Gibran Rakabuming Raka.

Selama dipimpin Gibran, total hibah uang tunai yang disalurkan Pemerintah UEA untuk Pemkot Solo mencapai Rp 230 miliar untuk pengembangan UMKM, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

“Ya baik, ada dari APBD, APBN, dan bantuan luar kan akan mempercepat pembangunan di Solo,” kata Jokowi.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Solo, Dhoni Widianto mengatakan proses pembangunan RS Kardiologi hibah dari UEA saat ini sudah melampaui 95 persen. Ia berharap rumah sakit tersebut dapat segera diresmikan.

“Tidak ada arahan khusus dari beliau. Hanya meninjau saja,” kata Dhoni.

(syd/bac)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *