BAKTI Kominfo Bakal Bangun Puluhan BTS di Hutan Sulawesi dan Papua




Jakarta, Indonesia

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) akan segera membangun puluhan infrastruktur telekomunikasi Base Transceiver Station (BTS) di hutan-hutan Sulawesi dan Papua.

Rencana pembangunan BTS tersebut diawali dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BAKTI dengan empat institusi, yakni Balai Besar KSDA Papua (BBKSDA), Balai Besar KSDA Papua Barat (BBKSDA), Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC), dan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT).

Penandatanganan ini dilakukan oleh Plt. Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi Masyarakat dan Pemerintah BAKTI Tri Haryanto, Kepala BBKSDA Papua Atanasius Guntara Martana, Kepala BBKSDA Papua Barat Johny Santoso, Kepala BBTNTC Supartono, serta Kepala BTNKT Abdul Rajab.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penandatanganan ini membuka harapan bagi 86 lokasi BTS yang masuk dalam Kawasan hutan di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Tengah, dan Sulawesi Tengah.

Tri mengatakan PKS yang baru ditandatangani ini bertujuan untuk mendukung terwujudnya penguatan tata kelola di wilayah kerja empat Unit Pelaksana Teknis/UPT.

“Di samping itu untuk meminimalisir dampak negatif, baik langsung maupun tidak langsung, sebagai akibat kegiatan penempatan dan pengoperasian menara telekomunikasi BTS BAKTI Kominfo dan sarana pendukungnya di UPT tersebut,” ujar Tri dalam sebuag keterangan, Rabu (16/10).

Selain penandatanganan PKS, Tri mengatakan seluruh pihak juga menandatangani dokumen Rencana Pelaksanaan Program (RPP), Rencana Kerja Lima Tahun (RKL) serta Rencana Kerja Tahunan (RKT).

Sederet dokumen tersebut merupakan tindak lanjut, pedoman, serta acuan dalam pelaksanaan kerja sama yang dilakukan BAKTI Kominfo dengan pihak BKSDA dan Taman Nasional ini.

Sebelum penandatanganan PKS, BAKTI KOMINFO dengan keempat institusi disebut telah mengadakan pembahasan intensif pada 14-15 Oktober 2024
lalu.

Pembahasan ini dilakukan sebagai langkah konkret dalam meningkatkan kolaborasi untuk konservasi dan pengelolaan sumber daya alam.

BAKTI Kominfo terus mendorong pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi sebagaimana mandat Presiden Joko Widodo, salah satunya lewat penggelaran BTS.

Pemerintah melalui BAKTI Kominfo membangun BTS lewat program BAKTI SINYAL untuk menghadirkan akses internet di wilayah 3T. BAKTI Kominfo telah membangun hampir 5.093 BTS di 25 provinsi yang tersebar di 138 kabupaten/kota dan 1.310 kecamatan dan 5.093 desa.

Pembangunan tersebut termasuk wilayah pelosok Papua seperti Jayawijaya, Papua hingga Aceh Singkil, Aceh.

Akses internet yang telah diterima dari hasil pembangunan ini mencapai 18.715 titik di seluruh Indonesia. Titik-titik akses internet ini difokuskan pada kantor pelayanan publik.

(lmy/vws)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *