AFC Pamer Gol China, Netizen Indonesia Malah Bawa-bawa Bahrain




Jakarta, Indonesia

Media sosial AFC memamerkan gol pertama China ke gawang Timnas Indonesia yang dicetak Behram Abduweli. Namun, netizen Indonesia justru menyinggung Bahrain di kolom komentar.

Indonesia terpaksa pulang dengan tangan kosong meski mendominasi permainan lawan China pada matchday keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao, Selasa (15/10).

Gol pertama China dicetak Abduweli melalui tembakan voli jarak dekat memanfaatkan umpan Shenglong Jiang yang berhasil mencuri bola dari Shayne Pattynama.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Zhang Yuning kemudian sukses menggandakan keunggulan China menjadi 2-0 di menit ke-44. Sementara Indonesia hanya mampu cetak gol balasan lewat Thom Haye pada menit ke-86.

Dua hari setelah pertandingan, Instagram AFC baru mengunggah momen gol Abduweli. Kolom komentar pun dibanjiri komentar, hanya saja sebagian netizen justru menyinggung Bahrain.

Pasalnya, Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) menyatakan akan mengajukan permohonan perpindahan venue laga Indonesia vs Bahrain di tempat netral. Hingga saat ini pertandingan tersebut dijadwalkan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 25 Maret 2025.

Netizen Indonesia yang masih kesal dengan ulah Bahrain yang mengusulkan pertandingan kandang Garuda di tempat netral. Alasannya demi keselamatan pemain dari ancaman yang belakangan sering dilakukan netizen Indonesia.

“Bahrain takut datang ke Indonesia. Kalau tidak punya salah, kenapa Anda takut,” tulis salah satu netizen di kolom komentar Instagram AFC.

“Bahrain takut main di Indonesia. Cemas kau, dek?” sebut netizen lainnya.

Permohonan Bahrain untuk menggelar laga melawan Indonesia di tempat netral, kurang ideal. Sebab BFA hanya merujuk ancaman bahaya dari netizen di media sosial.

Ancaman pembunuhan dan penghinaan di dunia maya memang tak bisa dibenarkan. Namun, kondisi itu tak cukup kuat untuk menjadi opsi perpindahan stadion pertandingan ke tempat netral.

Faktanya, Indonesia memiliki keamanan yang terbilang ketat saat mengelar laga internasional. Apalagi tahun lalu FIFA memuji Indonesia yang sukses menggelar Piala Dunia U-17 2023.

[Gambas:Video ]

(jun/har)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *