5 Manfaat Tak Disangka-sangka Jamur Kuping, Apa saja?


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Jamur hitam atau Auricularia polytricha termasuk jamur liar yang dapat dimakan. Jamur ini dikenal juga dengan sebutan jamur kuping karena bentuknya yang serupa telinga berwarna gelap.

Apa saja manfaat jamur kuping untuk kesehatan?

Jamur hitam sering ditemukan di China dan tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia. Saat ini, jamur kuping populer dalam masakan sejumlah negara, termasuk Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melansir Healthline, selain menjadi bahan kuliner yang populer di berbagai hidangan Asia, jamur hitam juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional China selama ratusan tahun.

Pengobatannya meringankan beberapa gejala kondisi termasuk penyakit kuning dan sakit tenggorokan. Khasiat ini didapat oleh kandungan serat serta sejumlah vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Manfaat jamur kuping

Jamur kuping dikenal juga akan manfaat kesehatannya. Berikut berbagai manfaat jamur kuping yang bisa Anda dapatkan.

1. Melawan penyakit kronis

Jamur kuping mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Senyawa ini membantu memerangi stres oksidatif dalam tubuh yang bisa memicu berbagai penyakit kronis.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Jamur kuping juga ditemukan memiliki kandungan prebiotik, utamanya dalam bentuk beta-glukan. Prebiotik adalah sejenis serat yang memberi makan mikrobioma dan bakteri baik di usus.

Asupan jamur kuping bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga keteraturan buang air busar.




Cholesterol, Workplace of a doctor. Stethoscope on wooden desk background.Ilustrasi. Menurunkan kadar kolesterol, salah satu manfaat makan jamur kuping. (iStockphoto/tumsasedgars)

Polifenol dalam jamur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol jahat yang lebih rendah juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Dapat meningkatkan kesehatan otak

Jamur dianggap dapat menjaga kesehatan fungsi otak. Jamur kuping menghambat aktivitas beta secretase, enzim yang melepaskan protein beta amiloid.

Protein beta amiloid sendiri bersifat racun bagi otak dan telah dikaitkan dengan penyakit degeneratif, seperti Alzheimer.

5. Melindungi organ hati

Jamur kuping dapat melindungi hati dari kerusakan akibat zat-zat tertentu.

Dalam sebuah penelitian pada tikus, larutan air dan bubuk jamur kuping membantu melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh overdosis asetaminofen. Hal ini juga didukung dengan sifat antioksidan jamur yang kuat.

Selalu pastikan memasak jamur kuping hingga matang untuk membunuh bakteri dan menghilangkan residu yang tersisa. Merebusnya terlebih dahulu juga dapat meningkatkan aktivitas antioksidannya.

Sebagai hasil terbaik, larutkan jamur kuping terlebih dahulu ke dalam air hangat setidaknya selama 1 jam. Jamur akan mengembang 3-4 kali lipat.

(pli/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *