Sugiono Ikut Retreat Menteri di Magelang Usai Temui Putin di KTT BRICS




Jakarta, Indonesia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Sugiono langsung mengikuti pembekalan Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang seusai bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT BRICS.

Sugiono tampak ikut kegiatan sejak Sabtu (26/10) pagi ini. Dia menjalani kegiatan seperti menteri-menteri lainnya.

Dia memakai seragam loreng-loreng Komando Cadangan (Komcad) dalam kesempatan itu. Saat olahraga dan latihan baris-berbaris, ia tampak berdiri di samping Presiden Prabowo Subianto.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sudah sampai semalam. Jadi pagi ini sudah bergabung dalam kegiatan,” kata Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi menjelaskan kehadiran Sugiono, melalui pesan singkat.

Sugiono juga langsung berbaur dengan menteri lainnya. Dia menginisiasi kejutan perayaan ulang tahun untuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Setelah makan pagi, dipimpin Pak Menlu, semua anggota kabinet nyanyikan selamat ulang tahun dan Pak Tito diberi kue ulang tahun,” ucap Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya Sugiarto.

Sugiono sebelumnya absen dalam kegiatan retreat menteri Kabinet Merah Putih. Dia juga tak menghadiri sidang kabinet perdana pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

Prabowo menugaskan Sugiono untuk hadir di KTT BRICS di Kazan, Rusia, Kamis (24/10). Sugiono menyatakan keinginan Indonesia menjadi anggota BRICS.

“Bergabungnya Indonesia ke BRICS merupakan pengejawantahan politik luar negeri bebas aktif. Bukan berarti kita ikut kubu tertentu, melainkan kita berpartisipasi aktif di semua forum,” ucap Sugiono.

Dalam pertemuan itu, ia bertemu sejumlah pimpinan negara BRICS, seperti Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

(dhf/sfr)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *