Asteroid Raksasa Kecepatan 56 Ribu Km/Jam Mendekati Bumi Besok




Jakarta, Indonesia

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan asteroid berukuran lebar 710 kaki (216,4 meter) akan mendekati Bumi, Jumat 18 Oktober.

Benda langit yang diberi nama RV50 2024 itu melesat dengan kecepatan 56.067 kilometer per jam.

Menurut NASA seperti dilansir Times Now News, Kamis (17/10), RV50 2024 merupakan asteroid berukuran besar. Ilmuwan terus memantau pergerakannya karena termasuk asteroid berkategori objek dekat Bumi (near-Earth objects/NEO).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski melintas 7,4 juta kilometer dari Bumi atau dianggap aman, namun tetap membuat sejumlah ilmuwan khawatir. Sebab jika terjadi benturan akan membuat kerusakan dan memicu gelombang tsunami di Bumi.

NASA melaporkan, ahli tidak ingin peristiwa Tunguska di Kegubernuran Yeniseysk pada 1908 terulang. Insiden Tunguska menghancurkan sekitar 80 juta pohon di hutan dengan area seluas 2.000 kilometer persegi di Siberia, disebabkan asteroid hanya berukuran kurang dari 200 kaki.

Saat ini, ahli NASA dan sejumlah badan antariksa lain masih terus mendeteksi, mengamati jalur gerak asteroid RV50 2024 yang ditakutkan secara tiba-tiba mengarah ke Bumi.

Sementara itu, beberapa observatorium di dunia, termasuk NASA telah dikerahkan untuk melacak lintasannya apakah mereka berpotensi mengancam bumi.

(tim/mik)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *