Arsenal vs Liverpool, Berebut Jalur Puncak Berbalut Adu Gengsi


Jakarta, Indonesia

Arsenal akan menjamu Liverpool pada pekan kesembilan Premier League 2024/2025, Minggu (27/10) malam WIB. Kedua tim sama-sama berjuang memperebutkan jalur puncak klasemen sekaligus menjaga gengsi.

Stadion Emirates akan jadi arena pertarungan dua tim yang mampu menjaga konsistensi dalam beberapa musim terakhir. Laga ‘Super Sunday’ bakal jadi penutup yang menarik bagi pecinta sepak bola Britania Raya.

Saat ini kedua kubu sama-sama berada di papan atas klasemen sementara Liga Inggris. Liverpool ada posisi puncak dengan 21 poin sedangkan Arsenal di posisi ketiga dengan 17 angka.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Siapapun yang kalah bisa tersingkir dari posisi mereka sekarang. Begitu juga apabila yang diraih adalah hasil imbang karena jarak poin yang begitu tipis dari empat tim teratas Premier League.

Liverpool bisa digeser Manchester City yang saat ini berada di peringkat kedua dengan 20 angka. Jarak satu poin sama sekali bukan situasi yang aman bagi The Reds.

Pun halnya dengan Arsenal. Jika kalah, mereka bisa merosot hingga tiga peringkat apabila tim-tim di bawah mereka seperti Aston Villa, Brighton, dan Chelsea sama-sama menang.

Liverpool lebih diunggulkan menang dalam pertandingan ini meski berstatus tamu. Tujuh pertandingan terakhir yang diraih dengan kemenangan di semua kompetisi adalah bukti Mo Salah dan kawan-kawan tengah on fire.

Mereka melibas tim-tim besar seperti AC Milan, Chelsea, dan RB Leipzig selama satu bulan terakhir di tengah jadwal yang padat. Ada kemungkinan, Arsenal bakal jadi korban berikutnya.

Tapi Arsenal tentu tidak ingin begitu saja tumbang di depan puluhan ribu pasang mata Gooners. Kembalinya ke jalur kemenangan jadi modal kekuatan tim London Utara.

Arsenal sempat membuat pengemar kecewa saat kalah 0-2 dari Bournemouth pada akhir pekan lalu. Tapi mereka mampu bangkit saat menang 1-0 atas Shakhtar Donetsk di Liga Champions, tengah pekan ini.

Tapi Arsenal belum berada dalam situasi yang aman. Ada masalah besar yang sedang menghantui skuad dan bisa saja hal itu mencegah mereka merebut kemenangan.

Baca lanjutan analisis ini di halaman selanjutnya>>>

Hati gelisah mungkin sedang dirasakan oleh pelatih Arsenal, Mikel Arteta karena timnya sedang mengalami badai cedera. Ditambah lagi dengan pemain yang absen akibat kena kartu merah di laga sebelumnya.

Kapten tim, Martin Odegaard jadi tantangan berat bagi Arsenal menyusul kondisinya yang belum prima. Begitu juga dengan pemain kunci lain seperti Bukayo Saka, Riccardo Calafiori, dan Jurrien Timber yang masih berkutat dengan cedrera.

Bek penuh pengalaman, William Saliba juga sedang terkunci akibat akumulasi kartu. Mau tak mau, Arteta wajib mencari solusi untuk keluar dari masalah.

Sektor pertama yang harus ditambal adalah lini pertahanan. Dengan absennya Saliba, mau tidak mau bek tengah harus diisi dengan pemain dengan kualitas mumpuni. Ben White bisa ditarik dari bek kanan jadi bek tengah.

Nantinya pos bek kanan bisa disi oleh Thomas Partey. Sebab lini tengah masih bisa mengandalkan duet Declan Rice dan Mikel Merino.

Atau bek kanan tetap jadi milik Ben White, sedangkan dua bek tengah mengandalkan duet Gabriel Magalhaes dan Jakub Kiwior. Kemudian kekosongan bek kiri setelah Calafiori mengalami cedera kemungkinan ditempati oleh Myles Lewis-Skelly.

Lalu tempat lain yang mesti diperbaiki adalah sisi sayap kanan. Pada laga terakhir, Arteta menaruh Gabriel Jesus untuk mengisi absennya Bukayo Saka. Hasilnya cukup memuaskan dengan kemenangan 1-0 atas Shakhtar Donetsk.




Banner Testimoni

Di sisi lain, tambal sulam yang dilakukan Arsenal semestinya bisa dimanfaatkan oleh Liverpool yang punya situasi lebih baik. The Reds memang sedang kehilangan Alisson Becker dan Harvey Elliott, tapi keadaan itu bisa diatasi dengan baik oleh Arne Slot.

Ini karena kedalaman skuad yang dimiliki Liverpool punya kualitas yang seimbang. Contohnya Coimhin Kelleher yang tampil impresif sebagai pelapis Alisson di awal musim ini. begitu juga dengan Ryan Gravenberch yang stabil menjaga lini tengah Liverpool.

Ini membuat awal musim pertama Arne Slot di Liverpool berjalan mulus. Dari delapan laga yang sudah dijalani, tujuh kali berbuah kemenangan dan satu kali kalah.

Arne Slot tinggal memaksimalkan keadaan yang sebenarnya sudah padu di timnya untuk mencuri poin penuh di markas lawan. Tiga poin tampaknya akan jadi milik The Reds kali ini.

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *