Prabowo Berencana Selesaikan Pembangunan IKN 4 Tahun




Jakarta, Indonesia

Presiden Prabowo Subianto disebut bakal menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam empat tahun. Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mengatakan rencana tersebut disampaikan dalam retreat menteri Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang.

Prabowo membahas IKN dalam sesi terakhir pembekalan menteri. 

“Bahkan beliau sudah punya rencana akan merampungkan pembangunan IKN dalam 4 tahun,” kata Raja Juli dalam unggahan Instagram di akunnya, Sabtu (26/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Prabowo akan memosisikan IKN sebagai ibu kota politik. Selain gedung eksekutif, Prabowo menargetkan pembangunan gedung-gedung legislatif dan yudikatif dalam empat tahun.

Ketua Umum Partai Gerindra itu ingin Sidang Paripurna DPR/MPR tahun 2028 tak lagi digelar di Jakarta, tetapi bisa digelar di Nusantara.

“Bahkan beliau berharap pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2029 diselenggarakan di IKN,” kata Raja Juli.

Sebelumnya, Presiden ketujuh Republik Indonesia Joko Widodo meninggalkan pembangunan IKN ke pemerintahan selanjutnya. Dia belum menerbitkan keputusan presiden pemindahan ibu kota negara hingga lengser 20 Oktober lalu.

Sejumlah pembangunan di IKN juga belum selesai, misalnya Istana Garuda. Begitu pula pemindahan ribuan ASN dari Jakarta ke IKN.

Saat ini Prabowo belum menunjuk Kepala Otorita IKN yang baru. Mantan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono digadang-gadang bakal kembali menjabat setelah sebelumnya jadi Plt Kepaka Otorita IKN.

(dhf/sur)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *