Israel Serang 20 Pangkalan Militer Iran di 3 Provinsi




Jakarta, Indonesia

Israel menyerang 20 pangkalan militer Iran di tiga provinsi. Serangan itu dilancarkan Sabtu (26/10) dini hari sekitar 02.30 waktu setempat.

Aljazeera melaporkan serangan Israel itu menyasar pangkalan-pangkalan militer di Ilam, Khuzestan, dan Tehran. Israel menyatakan serangan itu telah selesai dan misi sukses.

Sementara itu, Iran melaporkan dampak serangan Israel minim. Mereka mencatat dua orang prajurit terbubuh dalam serangan itu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Serangan agresif berhasil diadang dan dibalas oleh sistem pertahanan udara terintegrasi negara,” kata pangkalan pertahanan udara Iran dilansir Aljazeera.

Pemerintah Iran menyampaikan berhak dan wajib melakukan aksi pembelaan diri setelah serangan itu. Sementara itu, Israel menyatakan “wajib merespons” bila Iran melancarkan serangan balasan.

Sebelumnya, Iran dan Israel terus berbalas serangan. Terbaru, Israel melancarkan serangan udara dini hari tadi. Tujuh ledakan terdengar di ibu kota, Teheran, dan Karaj di kota timur Mashhad.

Kantor berita resmi Pemerintah Iran IRNA mengatakan beberapa pangkalan militer di barat dan barat daya Teheran telah menjadi sasaran.

Kantor Berita semi-resmi Tasnim yang berafiliasi dengan Garda Revolusi, seperti dikutip dari Aljazeera, memberitakan bahwa sumber tersebut mengatakan “tidak diragukan lagi” Israel akan “menerima balasan yang sepadan terhadap tindakan apa pun.”

(dhf/sfr)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *