Banyak Pasutri Korea Ogah Bercinta, Dianggap Bukan Masalah Besar



Jakarta, Indonesia

Banyak pasangan suami istri di Korea Selatan ogah bercinta. Dilihat dari kebiasaannya, mereka menjalani konsep sexless marriage.

Sebuah survei yang dilakukan pada 2016 terhadap 1.090 warga Korea Selatan menemukan 35,1 persen pasangan menikah tidak pernah berhubungan seks.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa Korea Selatan memiliki angka sexless marriage tertinggi kedua di negara-negara yang disurvei.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jepang berada pada posisi pertama dengan angka 40 persen. Sementara secara global, 20 persen pasutri menjalani pernikahan tanpa bercinta.

Pak Eun-jeong, misalnya, yang memulai sexless marriage bersama suaminya usai kelahiran putri pertamanya pada enam tahun lalu.

“[Setelah bayi lahir], kami perlahan mulai menjalani hubungan tanpa seks. Saya lelah mengurus bayi dan mengerjakan pekerjaan rumah. Suami saya juga tampak kelelahan saat pulang ke rumah. Dia juga tidak lagi memulainya [hubungan seks],” ujar Eun-jeong, yang tinggal di Seoul, mengutip The Korea Herald.

Kini, putrinya telah berusia enam tahun. Namun, pasangan ini tetap berjalan seperti biasa. Eun-jeong tidur bersama putrinya, sementara suaminya tidur di kamar terpisah karena sering pulang larut malam.

Eun-jeong tak melihat adanya masalah berarti pada apa yang dijalaninya saat ini. Minimnya keintiman seksual dengan pasangan tampaknya tak cukup jadi alasan sebuah perceraian yang akan berdampak pada putrinya.

“Bagaimana mungkin saya bisa memisahkan dia dari ayahnya hanya karena percikan keintiman seksual di antara kami telah memudar?” ujar Eun-jeong.

Sexless marriage sendiri pertama kali didefinisikan oleh psikiater asal Jepang Teruo Abe pada 1991 silam. Istilah ini merujuk pada pernikahan tanpa aktivitas seksual selama satu bulan atau lebih atas kesepakatan bersama.




Ilustrasi disfungsi seksual wanita.Ilustrasi. Banyak faktor yang membuat pasangan Korea ogah bercinta. (Istockphoto/ Nd3000)

Kepala Happy Sex Culture Center di Seoul Bae Jeong-weon mengatakan, banyak orang Korea terlalu lelah untuk berhubungan seks.

“Orang Korea menjalani kehidupan yang sangat sibuk, mencurahkan sebagian besar energi mereka untuk pekerjaan. Jam kerja yang panjang, budaya kerja yang kompetitif, dan jamuan makan malam bersama klien sering menguras energi,” ujar Bae.

Setibanya di rumah, lanjut Bae, kebanyakan dari mereka merasa terlalu lelah untuk berinvestasi dalam hubungan pribadi. Salah satu pasalnya, banyak orang tak menyadari kebahagiaan yang bisa muncul akibat terbangunnya hubungan intim yang kuat dengan pasangan.

“Setelah menghabiskan seluruh energi mereka di tempat kerja, orang-orang tertidur dan beralih ke ponsel. Mereka menertawakan sesuatu yang menyenangkan dan mendapatkan dopamin dari sana,” ujarnya.

Kondisi ini salah satunya didorong oleh makna pernikahan di Korea Selatan yang lebih kontemporer.

Profesor di Departemen Studi Anak dan Keluarga di Universitas Nasional Kunsan Lim Choon-hee mengatakan, makna pernikahan di Korea lebih dianggap sebagai penyatuan dua keluarga ketimbang dua individu yang saling mencintai.

“[Pernikahan di Korea] lebih mengutamakan nilai-nilai materialistis ketimbang cinta atau kasih sayang,” ujar Choon-hee.

Situasi ini lah yang membuat banyak pasangan di Korea Selatan memprioritaskan anak, yang dianggap sebagai ‘produk’ keluarga mereka, alih-alih mementingkan kebahagiaan mereka sendiri.

(asr/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *