Seperti Kembali ke Rumah Kedua




Jakarta, Indonesia

Ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku serasa kembali ke masa lalu ketika mengikuti retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Magelang.

Luhut menimba ilmu sebagai prajurit TNI di Akmil Magelang pada 1970. Ia pun yakin Presiden Prabowo Subianto yang masuk Akmil pada 1974 merasakan hal serupa.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Rasanya seperti kembali ke rumah kedua jika berada di Akademi Militer Magelang. Saya yakin perasaan yang sama juga menyelimuti Presiden @prabowo dan juga para eks perwira yang pernah menimba ilmu di Lembah Tidar,” kata Luhut di Instagramnya, Sabtu (26/10).

Menurutnya, banyak suka dan duka yang terjadi di Akmil ketika menjalani latihan kepemimpinan. Sebagai seorang senior, ia menilai Prabowo dulu sebagai orang yang taktis dan tangkas.

“Karena kemampuan tersebut juga barangkali kami sering diduetkan dalam setiap penugasan, bedanya dulu saya adalah senior, sekarang Pak Prabowo menjadi pimpinan saya. Mystery of life sekali lagi terjadi di perjalanan hidup ini,” ujarnya.

Luhut mengungkap banyaknya kenangan jadi salah satu alasan Prabowo menyelenggarakan retreat bersama para menteri dan wakil menteri di Akmil Magelang.

“Tempat ini memiliki nilai historis dan simbolis sebagai kawah Candradimuka bagi para perwira TNI. Kami ditempa dengan semangat kebersamaan, dedikasi, dan kesetiaan mutlak kepada bangsa dan negara,” katanya.

“Hari ini saya mengikuti pembekalan Kabinet Merah Putih sekaligus mendapatkan kehormatan dari Presiden Prabowo untuk dapat berbagi pengalaman Indonesia dalam menghadapi tantangan global dan domestik selama 10 tahun masa bakti saya di pemerintahan sebelumnya. Berbagai tantangan seperti pandemi, konflik geopolitik, dan krisis pangan, mengajarkan pentingnya tata kelola pemerintahan yang adaptif dan berbasis data,” lanjutnya.

(lyd/fra)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *