Adu Kuat Militer Israel vs Iran, Siapa Paling Unggul?




Jakarta, Indonesia

Ketegangan antara Israel dan Iran kembali terjadi usai Israel menghujani Teheran, Sabtu (26/10) dengan roket. Israel menyerang 20 pangkalan militer Iran di tiga provinsi.

Pemerintah Iran menyampaikan berhak dan wajib melakukan aksi pembelaan diri setelah serangan itu. Sementara itu, Israel menyatakan “wajib merespons” bila Iran melancarkan serangan balasan.

Konflik kedua negara ini diprediksi terus memanas dalam beberapa waktu ke depan. Iran dan Israel memiliki perbedaan yang sangat kontras ketika bicara personel militer. Simak perbedaan kekuatan militer kedua negara. 


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari Aljazeera, Iran memiliki total 610 ribu personel militer aktif, sedangkan Israel hanya 169.500 personel. Namun, Israel memiliki pasukan cadangan sebanyak 465 ribu, dan Iran hanya 350 ribu.

Di sisi anggaran pertahanan, Israel unggul hampir tiga kali lipat dari Iran dengan anggaran pertahanan mencapai US$27,5 miliar pada 2023. Sedangkan Iran hanya memiliki anggaran sebesar US$10,3 miliar.

Di bagian armada militer, Israel memiliki 345 jet tempur yang di antaranya adalah F-45 stealth fighters buatan Amerika Serikat (AS). Israel juga memiliki total 43 helikopter.

Untuk pertahanan udara, Israel juga punya drone Heron. Drone ini diklaim punya kekuatan tahan lama karena bisa terbang lebih dari 30 jam. Selain itu, drone ini juga bisa digunakan untuk melakukan serangan jarak jauh. Sebab, drone Heron bisa menempuh jarak serangan hingga 250 kilometer.

Sementara itu, Iran dibekali 312 jet tempur yang sebagian besar adalah Sukhoi dan MiG buatan Rusia. Iran juga memiliki tambahan 23 jet tempur di bawah komando Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC).

Mereka juga memiliki 62 helikopter untuk melengkapi armada udaranya. Selain itu, angkatan udara Iran juga punya pesawat nirawak atau drone yang jumlahnya diprediksi mencapai ribuan untuk menyerang musuh lewat jalur udara.

Untuk menangkal serangan udara, kedua negara juga memiliki sistem pertahanan udara. Israel memiliki Iron Dome, David’s Sling, dan sistem Arrow, sedangkan Iran memiliki Bavar-373, S-300, dan sistem Khordad.

Di darat, Israel memiliki sebanyak 530 artileri, tak sampai 10 persen dari yang dimiliki Iran dengan lebih dari 6.798 artileri.

Iran juga kelihatan unggul di laut dengan 17 kapal selam dibandingkan dengan Israel yang hanya memiliki 5 kapal selam.

Mana lebih kuat?

Menurut Global Firepower, Iran berada di peringkat 14 dari 145 negara dalam kekuatan militer pada 2024 dengan PwrIndx 0,2269, sementara itu Israel berada pada posisi 17 dengan PwrIndx 0,2596.

PwrIndx sendiri merupakan skor dari Global Firepower untuk menilai kekuatan militer sebuah negara berdasarkan berbagai variabel mulai dari jumlah unit militer, posisi keuangan, hingga kemampuan logistik dan keuntungan geografis.

Iran disebut unggul dari Israel dalam 6 dari 8 variabel yaitu pada jumlah manpower, armada angkatan darat, armada angkatan laut, sumber daya nasional, finansial, dan logistik.

Sementara Israel unggul pada dua variabel lain, yakni angkatan udara dan keuntungan geografis.

(lom/fra)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *