Bahrain Terancam Sanksi, Malaysia Sulit ke Piala Asia


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Berikut berita pilihan dunia olahraga mulai dari timnas Bahrain terancam sanksi bila menolak lawan Indonesia hingga timnas Malaysia dinilai tak mampu ke Piala Asia.

Berikut berita pilihan dunia olahraga dalam 24 jam terakhir:

Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) terancam sanksi FIFA jika absen melawan Timnas Indonesia di Jakarta pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahrain saat ini mengajukan permohonan pemimdahan venue ke luar Indonesia untuk laga Indonesia vs Bahrain, Maret mendatang dengan latar belakang alasan keamanan. Bila FIFA menolak hal tersebut namun Bahrain tetap tak mau datang ke Indonesia, mereka bisa terancam sanksi.

Berdasarkan regulasi Kualifikasi Piala Dunia 2026 Nomor 5 Ayat 2, setiap Asosiasi yang absen dalam pertandingan setelah kualifikasi bergulir wajib membayar denda sebesar 40 ribu Swiss Franc atau Rp714,8 juta.

Denda ini bisa bertambah berdasarkan Kode Disiplin FIFA Nomor 16 Ayat 1 yang menyatakan setiap Asosiasi akan mendapat denda 10 ribu Swiss Franc atau Rp178,7 juta.

Hukuman denda itu bersifat mengikat dan terdapat kemungkinan pula akan ada sanksi tambahan. Berdasarkan regulasi Kualifikasi Piala Dunia 2026 Nomor 5 Ayat 3, Komite Disiplin FIFA berhak memberi hukuman lebih berat terhadap tim peserta yang melakukan pelanggaran. Namun tidak disebutkan lebih spesifik sanksi tambahan yang dimaksud.




Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tampil di Japan Open 2024. (Arsip PBSI)Fajar/Rian lolos ke babak perempat final Denmark Open 2024. (Arsip PBSI)

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil lolos ke perempat final Denmark Open 2024.

Kepastian itu didapat usai Fajar/Rian mengalahkan pasangan Taiwan Lee Fang Chih/Lee Fang Jen dengan skor 21-16, 18-21, 21-18 di babak 16 besar Denmark Open 2024 yang digelar di Jyske Bank Arena, Kamis (17/10).




Malaysia's players observe their national anthem before the start of the friendly football match between New Zealand and Malaysia at North Harbour Stadium in the Auckland suburb of Albany on October 14, 2024. (Photo by DJ MILLS / AFP)Malaysia dinilai sulit ke Piala Asia. (AFP/DJ MILLS)

Timnas Malaysia diklaim bakal sulit bersaing dalam Kualifikasi Piala Asia 2027 lantaran hanya bisa bermain efektif selama 45 menit.

Kekalahan 0-4 dari Selandia Baru pada FIFA Matchday Oktober menyisakan sejumlah persoalan bagi Malaysia. Di mata mantan pemain Malaysia, Azlan Johar, Harimau Malaya memiliki kelemahan dalam kebugaran, ketangkasan, dan skill.

Dikutip dari Berita Harian, menurut Azlan, kebugaran, ketangkasan, dan skill pemain Malaysia saat ini belum cukup bersaing dalam intensitas tinggi dengan tim-tim hebat di level internasional.

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *