Polisi Antisipasi Parkir Liar Saat Acara Pelantikan Presiden




Jakarta, Indonesia

Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengantisipasi parkir liar saat acara pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10).

Hal ini perlu dilakukan lantaran parkir liar ini berpotensi menyebabkan kemacetan dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan antisipasi ini dilakukan berkaca dari kemacetan parah saat acara HUT TNI beberapa waktu lalu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ya makannya ini perlu kerja sama dengan masyarakat yang ada, saat ini sarana saya menginformasikan ini sehingga masyarakat mengikuti apa yang saya sampaikan ini sehingga pada pelaksanaan bisa berjalan dengan tertib karena kalau kita bersikeras diri ya akan ada tindakan tidak tertib parkir sembarangan,” kata Latif di Silang Monas, Jumat (18/10).

Latif meminta kepada masyarakat yang ingin memeriahkan acara pelantikan dan panggung hiburan agar memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah disediakan. Di antaranya di Senayan, IRTI, serta lahan parkir yang ada di gedung sekitar Sudirman-Thamrin.

Lebih lanjut, Latif mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan moda transportasi umum untuk meminimalisir potensi kemacetan.

“Ya prioritasnya adalah silakan datang ke Sudirman-Thamrin untuk menyaksikan panggung hiburan menggunakan angkutan umum. Ada LRT, MRT, Transjakarta, masih beroperasional,” ucap dia.

Diketahui Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di sepanjang Senayan hingga Harmoni saat pelantikan presiden dan wakil presiden.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyebut penerapan rekayasa lalu lintas ini sifatnya situasional. Kata dia, pihaknya akan mengupayakan masyarakat untuk tetap melintas selama situasi memungkinkan.

“Akan ada beberapa pengalihan arus yang akan kita lakukan, seperti di Harmoni, Patung Kuda, Bundaran HI, Semanggi, begitu juga di Bundaran Senayan, inilah yang akan tentunya kita akan melihat betul jalur Sudirman-Thamrin,” kata Latif kepada wartawan, Kamis (17/10).

Prabowo-Gibran akan dilantik di Kompleks Parlemen, Jakarta pada 20 Oktober nanti. Mereka akan menggantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kontestan Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD turut diundang untuk menghadiri acara tersebut.

Tak hanya itu, acara pelantikan Prabowo-Gibran akan turut dihadiri para perwakilan dari negara-negara sahabat.

(dis/isn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *