Kebiasaan Minum Kopi Seperti Ini Bisa Bahaya buat Jantung




Jakarta, Indonesia

Minum kopi sudah jadi kebiasaan sehari-hari banyak orang. Tapi, ternyata ada kebiasaan minum kopi yang bisa berbahaya buat jantung.

Sebuah studi terbaru yang dipresentasikan di ACC Asia pada Agustus 2024 lalu menemukan, minum kopi berkafein dalam jumlah banyak selama lima hari dalam seminggu dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk jantung. Risiko tetap bisa muncul meski seseorang memiliki tubuh yang sehat.

Melansir Medical News Today, sebanyak 92 partisipan sehat berusia 18-45 tahun diikutsertakan dalam studi ini. Semua peserta studi menjalankan pemeriksaan tekanan darah dan denyut nadi setiap 3-5 menit setelah tes.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Para ilmuwan mengumpulkan informasi tentang asupan kafein harian normal mereka.

“Konsumsi kafein secara teratur dapat mengganggu sistem parasimpatik yang menyebabkan peningkatan tekanan darah dan detak jantung,” ujar penulis utama studi Nency Kagathara.

Dalam studi ini, para peneliti mendefinisikan konsumsi kafein kronis dengan mengonsumsi minuman berkafein secara berlebih selama lima hari dalam seminggu, selama lebih dari satu tahun.

Pada akhir penelitian, mereka menemukan bahwa 19,6 persen peserta mengonsumsi lebih dari 400 miligram (mg) kafein setiap hari. Angka ini setara dengan 32 gram (g) atau 6 sendok makan (sdm) bubuk kopi.

Hasilnya, para ilmuwan menemukan asupan kafein kronis setiap hari berdampak pada sistem saraf otonom yang menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah seiring berjalannya waktu.

“Karena efeknya pada sistem saraf otonom, konsumsi kafein [berlebih] secara teratur dapat membuat orang yang sehat justru jadi berisiko terkena hipertensi dan kejadian kardiovaskular lainnya,” ujar Kagathara.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat (AS) sendiri telah mengaitkan konsumsi 400 mg kafein per hari dengan masalah kesehatan. FDA juga telah memperingatkan bahwa setiap orang bereaksi dan memetabolisme kafein dengan cara yang berbeda.

Sebelumnya, penelitian juga telah menemukan, konsumsi lebih dari 400 mg kafein dalam sehari dapat menimbulkan masalah kecemasan dan insomnia.

(asr/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *