Kedubes Iran Apresiasi Sikap Indonesia Kutuk Serangan Israel




Jakarta, Indonesia

Kedutaan BesarĀ Iran untuk Indonesia turut mengapresiasi sikap pemerintah RI yang mengecam serangan Israel ke pangkalan militer Iran pada Sabtu (26/10).

Dalam pernyataan resmi, Negara Republik Islam itu mengapresiasi posisi Indonesia yang tegas mengecam serangan Israel. Iran juga mengajak negara lain untuk bersatu menghentikan serangan Israel.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Republik Islam Iran mengapresiasi posisi pemerintah Republik Indonesia yang secara tegas dan kuat mengecam tindakan agresi rezim Zionis yang menyerang wilayah Iran,” ujar Kedubes Iran untuk Indonesia, Minggu (26/10).

“(Iran) mengajak semua negara yang mencintai perdamaian dan kebebasan untuk bersatu dalam menghentikan kejahatan dan agresi rezim teroris Israel,” lanjutnya.

Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri sebelumnya mengutuk serangan militer Israel ke Iran. Serangan itu disebut sebagai pelanggaran hukum internasional.

Kemlu juga mengatakan semua pihak harus menahan diri semaksimal mungkin dan menghindari tindakan yang dapat meningkatkan ketegangan dan memicu ketidakstabilan lebih lanjut di kawasan tersebut.

Dalam pernyataan tersebut juga ditegaskan bahwa Indonesia menilai pendudukan ilegal Israel atas wilayah Palestina adalah akar masalah konflik di Timur Tengah.

“Indonesia dengan tegas mengutuk serangan militer Israel terhadap Iran. Peningkatan dan perluasan konflik ini merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum internasional dan menunjukkan pengabaian hukum internasional sepenuhnya oleh Israel,” tulis Kemlu dalam pernyataannya di akun X resmi @Kemlu_RI, Sabtu (26/10).

“Pewujudan negara Palestina yang merdeka dalam kerangka Solusi Dua Negara merupakan satu-satunya cara untuk ciptakan perdamaian di kawasan,” kata Kemenlu.

Israel melakukan serangan udara terhadap fasilitas militer Iran sebagai balasan atas serangan rudal Iran ke Israel pada 1 Oktober.

Serangan tersebut terjadi pada Sabtu (26/10) dan menewaskan empat tentara Iran. Negeri Zionis itu dilaporkan menyerang pangkalan-pangkalan militer di Ilam, Khuzestan, dan Teheran.

Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengatakan pada hari Sabtu (26/10) bahwa fasilitas nuklir Iran “tidak terkena dampak” dalam serangan Israel.

(frl/end)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *