Pernah Dibuat Tak Berdaya Timnas Indonesia




Jakarta, Indonesia

Bahrain punya rekor tidak terlalu mentereng saat melawan Timnas Indonesia di Jakarta jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dijadwalkan berlangsung 25 Maret 2024.

The Pearl Divers, julukan Bahrain, kali pertama datang ke Indonesia pada 2007. Saat itu Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2007 dan satu grup dengan Bahrain.

Indonesia dan Bahrain bentrok pada 10 Juli 2007 atau laga pembuka Piala Asia 2007. Hasilnya Indonesia menang 2-1 berkat gol Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah itu Timnas Indonesia dan Bahrain satu grup dalam Kualifikasi Piala Dunia 2014. Indonesia terlebih dahulu menjamu Bahrain pada 6 September 2011 di Jakarta.

Laga ini berakhir 2-0 untuk keunggulan Bahrain. Ketika itu tim Merah Putih dilatih Wim Rijsbergen yang didatangkan PSSI untuk menggantikan Alfred Riedl.

Inilah dua hasil pertemuan Timnas Indonesia vs Bahrain di Jakarta, yang keduanya berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Meski pernah menang melawan Timnas Indonesia di Jakarta, timnas Bahrain takut untuk bermain lagi di GBK pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) meminta laga Indonesia vs Bahrain pada 25 Maret 2025 dipindah ke tempat yang netral.

Hal itu disampaikan BFA ke FIFA dan AFC setelah pertandingan melawan Indonesia yang berakhir imbang di Riffa, Bahrain, 10 Oktober lalu. Seusai laga itu netizen atau warganet Indonesia merisak akun-akun media sosial pemain Bahrain.

Tindakan suporter yang kecewa dengan kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf ini membuat BFA khawatir. Pasalnya ada ancaman pembunuhan ke pemain-pemain timnas Bahrain.

Situasi ini dimanfaatkan Bahrain untuk meminta kepada AFC dan FIFA afar laga Indonesia vs Bahrain digelar di tempat netral. Keamanan jadi penekanan pihak Bahrain karena sudah ada ancaman pembunuhan secara verbal, meski kemudian PSSI memastikan akan menjami keselamatan dan keamanan pemain dan ofisial Bahrain.

Rekor Timnas Indonesia vs Bahrain di Jakarta

10 Juli 2007: Indonesia 2-1 Bahrain (Piala Asia)
6 September 2011: Indonesia 0-2 Bahrain (Kualifikasi Piala Dunia 2014)

[Gambas:Video ]

(abs/har)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *