Istana Siapkan Alphard Pelat AD 1 JKW untuk Jokowi Pulang Kampung




Jakarta, Indonesia

Istana Kepresidenan menyiapkan Toyota Alphard hitam berpelat AD 1 JKW untuk kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Surakarta, Jawa Tengah usai purnatugas pada Minggu (20/10).

“Iya [Alphard hitam pelat AD 1 JKW] untuk rencana Pak Presiden,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Gedung Kemensetneg, Jumat (18/10).

Ari menyebut mobil itu diperuntukkan untuk akomodasi Jokowi apabila memilih pulang ke Solo lewat jalur darat, ataupun digunakan selama proses kepulangan Jokowi semisal lewat jalur udara.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Apakah beliau lewat darat ataupun ke bandara kan perlu kendaraan juga mengantarkan ke sana,” imbuhnya.

Namun Ari tak merinci apakah mobil tersebut akan diberikan untuk Jokowi selama di Solo hingga seterusnya atau ada opsi lain. Ia hanya menambahkan Jokowi dalam proses kepulangan ke Solo akan dikawal oleh Paspampres.

Ari menyebut setiap presiden dan wapres yang purnatugas secara aturan tetap akan mendapatkan pengawalan.

Di sisi lain, Ari juga menekankan Istana akan mempersiapkan sejumlah opsi, tergantung keinginan Jokowi yang memilih pulang dengan jalur darat maupun jalur udara.

“Kita siapkan semua skenario. Kalau beliau berkenaan melalui udara, melalui pesawat komersil disiapkan. Tapi kalau beliau akan melalui darat, kami juga akan siapkan,” ujar Ari.

Adapun Presiden Jokowi akan resmi purnatugas pada 20 Oktober 2024 setelah satu dekade memimpin Indonesia. Jokowi akan digantikan oleh pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto.

Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan digelar di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Mereka bakal dilantik melalui Sidang Paripurna MPR. Ketua MPR Ahmad Muzani menjelaskan, mekanisme pelantikan Prabowo-Gibran dipastikan masih menggunakan aturan yang lama.

(khr/isn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *