Beda Program Tiga Cagub Jakarta Angkat Nasib Pedagang Tanah Abang



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Tiga calon Gubernur Jakarta yakni Ridwan Kamil, Dharma Pongrekun, dan Pramono Anung sama-sama menyoroti nasib pedagang Tanah Abang, Jakarta, saat debat kedua Pilgub Jakarta, Minggu (27/10) malam.

Nasib pedagang Tanah Abang disorot karena belakangan mengalami penurunan omzet diduga karena tergerus jual beli online. 

Ketiganya memiliki pandangan yang berbeda terkait bagaimana membuat Pasar Tanah Abang kembali hidup akibat digempur tren penjualan secara daring.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut program RK, Dharma, hingga Pram terkait upaya revitalisasi Pasar Tanah Abang di Debat Kedua Pilkada Jakarta berdasarkan rangkuman Indonesia.com.

Pramono-Rano Karno

Cagub Nomor Urut 3 Pramono Anung berjanji akan memperbaiki sekaligus merapikan proses transaksi di Pasar Tanah Abang untuk merevitalisasi salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara itu.

“Memberikan kemudahan bagi orang yang berbelanja maupun yang berjualan di Tanah Abang. Tanah Abang kita buat rapi,” kata dia.

“Promosi dilakukan bersama pemerintahan jJkarta juga dengan manajemen Tanah Abang,” sambungnya.

Pramono juga berjanji akan membantu akses modal bagi para pedagang di Pasar Tanah Abang. Ia menjanjikan pemberian modal sebesar Rp300 miliar untuk pedagang menengah ke bawah di Tanah Abang.

“Yang tidak kalah pentingnya dalam kesempatan ini kami akan membuka lapangan kerja untuk 500 orang, terutama UMKM ,yang nanti mereka juga bisa berjualan di Tanah Abang,” ujar dia.

Tak hanya itu, Pram berjanji akan mengatur penjualan secara daring dan langsung di Pasar Tanah Abang secara adil.

“Kami akan mengatur supaya yang jualan online tetap bisa dilakukan terapi di tanah abang harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Jakarta,” ujar dia.

Ridwan Kamil-Suswono

Cagub nomor Urut 2 Ridwan Kamil berjanji akan membuat festival taraf internasional untuk meramaikan kembali Pasar Tanah Abang.

Ia juga berjanji memberikan akses modal seluas-luasnya untuk pedagang Pasar Tanah Abang dengan menggandeng Bank DKI.

“Kita bisa membuat festival Tanah Abang secara internasional meramaikan secara bulanan, mingguan, tahunan sehingga aktivitas fisik dari manusia bisa datang lagi kesana,” kata dia.

“Bank DKI tentu akan diperintahkan untuk memberikan permodalan seluas-luasnya, kepada pedagang di Tanah Abang,” sambungnya.

Tak hanya itu, RK juga berencana akan membangun pasar baru dengan menggunakan tanah terbengkalai milik Pasar Jaya.

Ia juga menyebut pasar baru itu akan sekaligus dibangun hunian diatasnya untuk ditempati anak-anak muda.

“Nanti disana ada pasar berbentuk baru temanya ternak misalkan tapi diatasnya ada hunian untuk gen z, anak-anak Tanah Abang bisa tetap tinggal di pusat kota meramaikan ekonomi Tanah Abang,” ujar dia.

Selain itu RK berjanji ikut bantu mempromosikan produk-produk pedagang Tanah Abang di akun Instagramnya yang diikuti jutaan orang. Promosi, dijanjikan RK, akan dia kerjakan secara adil.

Dharma-Kun

Cagub Nomor Urut 2 Dharma tak berbicara banyak terkait program revitalisasi Pasar Tanah Abang.

Ia hanya menyampaikan program Getuk Tular Adab yang jadi senjata pamungkas untuk membuat Pasar Tanah Abang kembali hidup dan ramai.

“Program Getuk Tular Adab akan menjawab semua masalah ekonomi di Jakarta dengan hanya bekerja dari rumah mengisi aplikasi yang sudah kami siapkan dalam sistem block chain,” ujar dia.

(mab/wis)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *