Eks Presiden Bolivia Evo Morales Jadi Sasaran Penembakan




Jakarta, Indonesia

Mantan Presiden Bolivia, Evo Morales, menjadi korban kekerasan bermotif politik di mana mobil yang ia kendarai menjadi sasaran penembakan pada Minggu (27/10) waktu setempat.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, Morales merekam sebuah video yang memperlihatkan dirinya duduk di kursi penumpang depan dan dua lubang peluru di kaca depan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam video yang diambil dalam keadaan mobil sedang melaju itu terlihat pengemudi tampak terluka diduga akibat penembakan tersebut.

Dilansir dari Reuters, dalam sebuah wawancara radio Morales mengatakan dua kendaraan mencegatnya di jalan dan menembaki mobilnya. Saat itu, dia mengaku sebuah peluru melesat hanya beberapa sentimeter dari kepalanya.

“Saya tidak tahu apakah mereka tentara atau polisi,” kata Morales.

Wakil Menteri Keamanan, Roberto Rios, menegaskan bahwa polisi tidak melakukan operasi apa pun terhadap mantan presiden tersebut.

“Sebagai otoritas yang bertanggung jawab atas keamanan negara, kami berkewajiban untuk menyelidiki laporan apa pun, baik itu benar atau salah,” ungkap Rios.

Insiden penembakan ini merupakan peristiwa terbaru di tengah ketegangan politik antara Evo Morales dengan mantan sekutunya Presiden Luis Acre.

Beberapa waktu lalu, pendukung Morales sempat melakukan aksi blokir jalan raya utama dan terlibat bentrok dengan pasukan keamanan. Pemerintah mengkritik Morales karena dianggap “mendestabilisasi” negara tersebut, karena blokade jalan berimbas pada terhambatnya pasokan makanan dan bahan bakar.

Morales dan Arce, yang sebelumnya menjabat sebagai menteri ekonomi saat pemerintahan sebelumnya, merupakan bagian dari partai politik sosialis MAS. Namun setahun terakhir kedua kubu kerap terlibat bentrok, akibat perebutan kekuasaan jelang pemilu 2025.

(dna)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *