Bisa Lunasi Utang sampai Renovasi Rumah, Apa itu Joget Sadbor?




Jakarta, Indonesia

Viral warga sebuah kampung di Sukabumi, Jawa Barat mendapat penghasilan dari joget sadbor via TikTok. Joget sadbor disebut bisa buat mereka lunasi utang.

Belakangan, viral warga di sebuah kampung di Sukabumi sebagian berjoget di depan gawai. Tak hanya satu atau dua orang, mereka berjoget ramai-ramai yang dikenal dengan sebutan joget sadbor.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa itu joget sadbor?

Awalnya joget sadbor dikenal dengan nama joget ayam patuk karena gerakan tangannya mirip ayam yang sedang mematuk. Namun karena dipopulerkan oleh akun @sadbor86, gerakan ini lebih dikenal sebagai joget sadbor.

Gunawan, pemilik akun @sadbor86, sebenarnya seorang tukang jahit keliling. Kemudian, ia mencoba membuat konten di TikTok ketika pandemi Covid-19.

“Waktu itu corona, [saya] coba ngonten di TikTok. Dapet Rp60 ribu, Rp50 ribu tapi coba terus. Akhirnya sampai sekarang,” kata Gunawan dalam wawancara dengan InsertLive.

[Gambas:Video ]

Gunawan tidak sendirian selama live streaming joget sadbor. Ia mengajak sejumlah warga yang kerap ia sebut sebagai karyawan. Hasil saweran ia ambil 20 persen dan sisanya dibagikan pada beberapa orang yang turut berjoget.

Banyak yang penasaran dengan apa itu joget sadbor sebab nilai saweran tak main-main. Ia enggan menyebut nominal total saweran. Namun Gunawan mengaku hasil berjoget bisa digunakan untuk merenovasi rumah.

Rumah yang dulu rusak dan nyaris roboh kini disulap jadi rumah megah dengan dua lantai. Selain itu, ia juga bisa melunasi utang untuk berobat sang ibu yang sakit stroke.

“Sama bayar utang. Utang saya lumayan lah…Dulu kan buat biaya berobat ibu. Ibu kan stroke, ya per harinya butuh, bulanannya tapi alhamdulillah sudah lunas,” imbuhnya.

(els/chri)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *